jump to navigation

Membaca Peluang, Mengais Rejeki di Batam April 24, 2009

Posted by snhadi in Inspirasi Persahabatan.
trackback

Sewaktu mudik kemarin, supir taxi langganan saya di Batam, bercerita banyak hal. Yang menarik bagi saya saat dia bercerita tentang pengalaman mudiknya di kampung halaman di Jawa Timur beberapa bulan yang lalu.

Ternyata sekitar enam bulan yang lalu dia memutuskan meninggalkan Batam dengan segala hiruk-pikuknya dan mencoba peruntungan untuk membuka usaha di kampung halaman. Setelah menjalani usaha kurang lebih lima bulanan di kampung halaman, ternyata prospeknya kurang menguntungkan. Akhirnya dia memutuskan kembali lagi ke Batam untuk mengadu nasib. Dari supir taxi ternyata setelah pulang kampung dan kembali lagi ke Batam, tetap menjadi supir taxi. Bagi dia ini keahlian satu-satunya yang bisa diandalkan untuk mencari peruntungan nasib di Batam. Dan bagi saya inipun tidak salah.

Saya bertanya kepada dia, kenapa tidak mencoba membuka usaha di Batam? Apa jawabnya? Ternyata bagi dia membuka usaha di Batam harus memikirkan banyak hal. Selain modal yang harus cukup kuat (bahkan mungkin bisa tiga kali lipat dari modal buka usaha di kampung), sampai peluang pasar yang harus diperhatikan. Tidak salah memang, membuka usaha mirip dengan bermain judi. Kalau sampai salah bisa jadi bablas semuanya.

Tetapi benarkah Batam begitu sulit ditembus bagi kita yang ingin membuka usaha? Bagi saya, peluang usaha di Batam masih cukup terbuka lebar. Kenapa pasal, karena pasar Batam masih cukup menjanjikan, tentu bagi kita yang pandai melihat peluang.

Coba lihatlah, di Batam banyak kawasan industri di bangun dengan pekerja yang ribuan jumlahnya. Ada kawasan Tanjung Uncang yang biasa untuk galangan kapal baik untuk kapal dalam maupun luar negeri. Kawasan Industri Latrade, Kawasan Industri Batamindo, Kawasan Industri Panbil, dan lain-lain. Ini bisa kita manfaatkan untuk membuka usaha yang menyediakan kebutuhan hidup mereka sehari-hari, misalkan makanan dan minuman, perhiasan dan aksesori, dan sebagainya.

Belum lagi tidak sedikit mal yang berdiri di Batam dengan jumlah mengunjung yang tidak sedikit. Tentu ini harapan besar bagi kita. Belum lagi luasnya wilayah laut yang dimiliki Batam, bisa memberikan peluang bagi kita yang ingin membuka usaha seafood, budidaya ikan laut, dan lain-lain.

Selain itu, keistimewaan Batam yang dekat dengan negeri tetangga seperti Singapura dan Malaysia, bisa membuka peruntungan tersendiri bagi kita. Kita bisa mencoba membuka usaha di bidang jasa travel atau mungkin penyedia oleh-oleh yang khas dari negeri ini.

Yah Batam, selain masih cukup menjanjikan bagi kita yang ingin bekerja di sektor industri, juga masih sangat terbuka bagi kita yang ingin belajar menjadi pengusaha, meski mungkin dengan modal terbatas. Asal kita mau, insya allah ada jalan.

About these ads

Comments»

1. tony - July 28, 2009

kira2 membuka usaha apa di batam yang lebih safe…?
karena seperti yg kamu ceritain modal mesti kuat dan kita blum tahu prospek pasar disana gimana?
saya mencoba share dengan kamu…karena saya ada rencana mengadu nasib kesana…
thanks ya atas infonya…
mohon segera dikabarkan..

Dharma - October 10, 2012

peluang bisnis di btm msh ada spt:cucian mobil%mtr,bengkel mobil

2. snhadi - August 1, 2009

Sebenarnya klo punya bnyk waktu dan dana yg cukup, buka usaha di batam cukup menjanjikan. Kita bisa buka usaha makanan, pernak-pernik, atau mungkin elektronik. Apalagi setahu saya, sebagian besar orang batam itu konsumtif jadi memberikan peluang yang lebih terbuka bagi kita untuk membuka usaha. Kata orang, kalo niat baik segeralah dilaksanakan mudah2n bisa sukses yah…!

3. andrean - April 26, 2010

aku mautakerjaan yang bisanerima orang yangbeijazah paket gimana apa di batam ada ????????? &aku sebnarnyaengen juga ngadu nasib ke baam xn aku anak laki-laki

4. harvi - April 29, 2010

buat sobat yang punya modal,batam bener2 tempat investasi yang bagus….. ga usah tkut,,,,lo pnya modal,,,sini join ma ne….kita buka bisnis baru di batam,,,

snhadi - November 10, 2011

Wah bagus tuh tawarannya!

Edi - October 4, 2012

Siapa bolei join bisnis sama saya

Zul - March 28, 2013

Kalau buka warung mie Aceh di batam prosfek gak ya

5. ando - May 27, 2010

kira-kira kalau buka usaha makanan,makanan pa yang cocok disana ya,…

6. rahman - May 15, 2011

klo buka usaha kursusanbhs inggris gmn y….prospek g……../?

7. fitri - June 1, 2011

iya bingung usaha apa di batam,.ngandalin gaji bulanan pas2an bgt,ga bisa nabung….pening……USAHA APA YAH>>>!!!!!!!!!!!!!

Dharma - October 10, 2012

hrs dilaksanakan jgn menunggu lakukan action spt usaha pulsa hp melalui hp,apalagi anda seorang pekerja pasti bnyk teman dong,warung sembako,barbershop dll,ini skdr masukan.(Dharma phone:08818193082

8. Andhika - July 11, 2011

usaha apa aja yang penting niatnya, tidak perduli itu di batam atau daerah manapun juga.. sedikit referensi untuk teman2.. kunjungi blog peluang usaha ini untuk mencari peluang usaha yang bagus, semua ny agratis, utk snhadi, ijin publikasi ulang artikel nya ya.. thks

9. peluang usaha - July 11, 2011

usaha apa aja yang penting niatnya, tidak perduli peluang usaha di batam atau daerah manapun juga.. sedikit referensi untuk teman2.. kunjungi blog peluang usaha ini untuk mencari peluang usaha yang bagus, semua nya gratis, utk snhadi, ijin publikasi ulang artikel nya ya.. thks

10. shine terang - November 10, 2011

peluang usaha sih banyak,,, tapi saingan wahaaah bukan main banyaknya… maklum nih yang buat artikel ini… mungkin tau enaknya aja,,, tuh penganguran banyak jadi kalo mau buka usaha cocoknya untuk keperluan pengangguran,, sama kebutuhan yang ekonomi rendah… pasti laris manis..

amir - December 4, 2011

Sekedar memotivasi bagus la, klo kita mau buka usaha ya sesuai dgn bidang kita biar lebih cocok. Dan jgn lupa doa dan usaha yg keras. Dan yg terakhir GARIS TANGAN jg jgn dilupakan.

11. Yuni - December 19, 2011

Perkenalkan saya Yuni, saya memberanikan sharing ke forum ini, tentang usaha saya, barangkali ada yang minat,semoga bisa menjadi usaha sampingan rekan rekan. Saya mempunyai on line shop batik web site nya >> http://afabatik.com
Barangkali ada dari rekan rekan mau resaler…silahkan…
Terima Kasih.

12. khairul - January 23, 2012

Peluang Usaha Bisnis Online dan Offline! Menjadi Travel Agent dengan Modal Rp. 150.000

13. suhendro - May 2, 2012

jualan tempik aja,nikmat gak usah banyak modal

14. andy - May 20, 2012

Kami adalah supplier Utama Bahan Baku Biji Plastik, yang khusus bergerak di bidang Bahan Polystyrene ( PS) gilingan, karena kami memiliki jumlah produksi PS dalam jumlah besar dan rutin tiap minggu. Kami siap melayani permintaan anda dalam jumlah besar, kapanpun baik sebelum ataupun sesudah hari raya.

Oleh karena itu stockist kami menjadi pusat PS Giling di lokasi Jakarta, dengan jumlah BESAR.

Asal mula usaha kami berkembang dari Polystyrene ( PS) giling sejak tahun 2005, oleh karena itu yang menjadi andalan dalam menjalankan usaha PS, kami memegang komitmen penting, yaitu :

” DISTRIBUSI PRODUK DALAM JUMLAH BESAR DAN RUTIN DENGAN HARGA YANG STABIL. ”

Bahan baku PS ini diperoleh dari ex-toples kue, ex-kotak kartu nama, ex-kotak CD, ex-gelas Bandara, ex-tray kulkas.

Adapun Produk Utama PS yang menjadi andalan kami dalam memasarkan produk adalah :
1. PS ( PS-1) gilingan – wrn bening, qty 30 ton/ bln
2. PSS ( PS Super) gilingan – wrn kristal, qty > 150 ton/ bln
3. PS-Peletan warna dop ( wrn kuning, hijau, merah, coklat) , qty 50ton/ bln
4. PS warna transparan giling ( wrn merah, kuning, hijau, biru) , qty 30 ton/ bln
5. PS warna riben giling, qty 30 ton/ bln
6. PS Cemerlang ( wrn kristal – giling kering) , qty 10 ton/ bln.

Di samping kami produk utama andalan kami yang telah sebutkan, kami juga memasarkan Biji Plastik yang lain, diantaranya:
1. PP PK-Peletan ( wrn putih bersih) , qty 60ton/ bln
2. PP hitam copolimer-peletan, qty 60ton/ bln
3. PP pelet warna biru mengkilat, qty 30ton/ bln
4. PP pelet warna biru, qty 30ton/ bln
5. PP Teh pelet, qty 60 ton/ bln
6. PP bening, qty 50 ton/ bln
7. PP gelas bening, qty 30 ton/ bln
8. PP karung hitam, qty 30 ton/ bln -> untuk buat tali rafia
9. PP karung hijau ( Jumbo Bag) mess 80, qty 60 ton/ bln -> untuk buat tali rafia
10.LDPE blowing warna teh ( Pelet_ kw A1) ( bisa untuk spont, kantong plastik, dll) , qty 200 ton/ bln
11. PC galon – reproses ( warna biru – Pellet)
12. PET Botol giling warna bening, kualitas ekspor, qty 60 ton/ bln
13. HIPS hitam – giling ( BS pabrik) , qty 40ton/ bln
14. HIPS hitam – pelet ( BS pabrik) , qty 40ton/ bln
15. ABS giling hitam ( BS pabrik helmet)
16. ABS proses hitam ( BS pabrik helmet)
17. ABS cream giling ( BS pabrik helmet)
18. ABS gading giling ( BS pabrik helmet)
19. Acrylic giling merah
20. Acrylic giling bening

Silahkan lihat semua foto produk yang telah kami kami sebutkan di atas pada info ” PENAWARAN DAGANG ” yang telah kami cantumkan

Stockist kami ada di Dadap-Tangerang

Jika Perusahaan Bapak/ Ibu memproduksi barang jadi yang terkait dengan bahan baku gilingan dari produk kami & dapat menggunakan produk kami serta ingin mengetahuinya, mohon jangan ragu untuk menghubungi kami di andyk_ id@ yahoo.com atau di 081286640700, atau klik web kami http://www.plastikbekas.indonetwork.co.id, kami siap melayani kebutuhan anda.

Terimakasih

15. kristin - September 5, 2012

aku seorg irt di batam. di btm usaha apa ya yg cocok? dan tdk prl modal byk. thns

16. Yudi - September 21, 2012

Cukup menarik buat kaum pekerja di batam buruh kususnya. Klu mau coba usaha bidang agrobisnis hub. Sya di no ini. 081364416809

17. Dharma - October 10, 2012

kl buka kursus Bhs.Inggris jg bgs utk anak2 TK,SD,SMP,SMU

18. Dharma - October 10, 2012

Assalamu’alaikum. Bila ada investor yg ingin membuka usaha di Btm InsyaAllah saya siap membantu dgn tenaga

novri - February 9, 2014

Bisnis apa ..?

benny - April 24, 2014

bisnis distro minat gk saya udah pengalaman jualan baju distro prospek nya bagus tp saya terkendala sama modal..

19. budhieka (@budhiqey) - October 31, 2012

klo buka bengkel las gimana?

budhieka (@budhiqey) - October 31, 2012

q di jakarta usaha di bidang vendor untuk supply stage,,rigging stage, barricade. dan produksi produk tsb bisa. jasa pengelasan?

20. Bambang Sri Budiarto - December 4, 2012

Siapa yang mau..? ayo kita buka bimbingan belajar Matematika GASING. (metode matematika baru penemuan Prof Yohanes Surya).
Saya juga punya produk batik (Pekalongan) bisa di pasarkan di Batam. MAU…..?!

21. fatchur - January 10, 2013

bagaimana klo usaha bakso di batam?, insyaAlloh baksoku di jamin enak, ala bakso soloan gitu, tapi modalnya kira2 di sana tempatnya mahal gak ya?

andifaizal1andy - January 21, 2013

usaha bakso bagus, karena 80% pekerka dibatam adalah wanita muda.
tempatnya ya tergantung kalo dimall agak mahal , ± 2jt/bln, klo ditrotoar ya gratiss..

anwa - April 21, 2013

Selain Jual Bakso > Apakah bisnis lain di Batam yang mudah bisa dimulai segera dan tanpa izin2 dan surat2 ?
smp_bojong@yahoo.com.sg

22. salvitrianto - May 31, 2013

Saya tertarik berwirausaha dikota batam tapi masalahnya modal tidak mendukung gimana solusinya?

23. elbatamy - July 31, 2013

mo bizniz di batam tnpa modal (bnyak), ada. hub 081536648006

24. elbatamy - July 31, 2013

salam…
kami dari PT MSS menawarkan sebuah peluang bisnis yg sangat dahsyat..!!
yang mana penghasilan kita dibayar harian, mingguan, bulanan and juga tahunan…
minimal pembayaran Rp100rb sampai Rp300rb perhari,,
bahkan bisa mencapai 850rb perhari..
kalo masalah modal , jangan takut..
modal hanya 1x selamanya..
tp penghasilan setiap hari…
untuk info lebih lanjut..
hubungi : Ari : 087791173150 / 085759041833
pin BB : 3258AABE
ID Wechat : ird4m8

25. i.penk - September 16, 2013

HAHAHAaaaa ,, , , , :D
GUe I.PENK .!!!
Biasa ngerantau gak bawa modal (uang) ,
modal gue cuma ” MENTAL JUARA” ,,
mau ngeteszz aHhh , naklukin BATAM

salam knal
I.PENK (sang pembangkang)

26. teddy jukardi - October 14, 2013

sy pnya keahlian dibidang kuliner (masakan khas sunda), bagi yg punya modal dan berminat usaha dibidang kuliner di batam silahkan hubungi saya teddy di 087821356627

27. triva simanjuntak - May 9, 2014

hallo teman2,…
saya mau mintas masukan ne.
untuk tahun ini kira2 peluang bisnis di batam yang lagi buming usaha apa ya?
tx,…

28. patar tambunan - August 23, 2014

thanks..artikelnya bermanfaat,, saya sedang berencana utk buka usaha dibatam,,lagi lihat” market dulu..

snhadi - November 6, 2014

Semoga sukses ya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 801 other followers

%d bloggers like this: