jump to navigation

Kembali Harus Memilih! October 21, 2008

Posted by snhadi in Senyuman Cinta.
trackback

Kata orang hidup adalah pilihan! Selama kita masih hidup, pilihan akan selalu muncul. Dan lazimnya suatu pilihan, pasti ada yang harus dikorbankan. Orang ekonomi menyebutnya opportunity cost (biaya yang harus dikorbankan jika kita memutuskan untuk memilih).

Andai saja tak perlu banyak berpikir dalam memilih, tentu siapapun tak akan merasakan hal yang rumit. Tetapi tentu tak semudah itu. Memikirkan aspek SWOT (Strange, Weakness, Opportunity, Threat) menjadi sangat penting jika kita tak ingin mendapatkan masalah di kemudian hari, atau minimal mengurangi dampak negatif yang mungkin akan kita terima sebagai konsekuensi suatu pilihan.

Lalu haruskah kita berlama-lama dalam merenung untuk mendapat sebuah keputusan? 1 jam? 24 jam? 1 minggu? 1 bulan atau 1 tahun? Atau mungkin hanya cukup beberapa detik?

Tentu tak ada standard waktu tertentu. Semua bergantung kita masing-masing. Dan bergantung pula pada urgenitas dari pilihan itu. Tak mungkin bukan kita harus menunggu sampai 1 hari jika kita mau memilih mau berangkat ke toko buku atau ke rumah makan?

Andai intuisi dimiliki semua orang, tentu akan dengan mudah dan cepat dalam memutuskan sesuatu. Dengan menggunakan feeling tanpa banyak berpikir, cara mengambil keputusan akan jauh lebih mudah. Tetapi sayangnya hanya pengalaman yang bisa membuat kita menjalanankan intuisi kita. Bagi kita yang masih awam, untung rugi harus dipertimbangkan masak-masak dalam mengambil suatu pilihan, agar tak menjadi bumerang bagi kita dikemudian hari.

 

NB: Untuk seseorang yang sedang dalam dilema untuk memilih…

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: