jump to navigation

Susahnya Merasa Bangga di Negeri Ini! December 20, 2008

Posted by snhadi in Senyuman Cinta.
trackback

Kita sering kali ragu untuk menyatakan, “Saya beruntung ada di Indonesia!” atau “Saya bangga jadi orang Indonesia!”. Tentu dengan berbagai macam alasan yang kita punya. Tetapi pernahkah kita berfikir sejenak, jika kita memang kecewa dengan segelintir orang di negeri ini, coba sedikit obati dengan rasa bangga memiliki Indonesia, yang kata orang, “serba ada”.

1. Coba cari di mana negeri yang memiliki hewan-hewan aneh seperti komodo, bunga bangkai, ikan yang dapat memanjat pohon untuk menangkap serangga selain di Indonesia?
2. Coba lihat bagaimana negeri ini memiliki 3 pulau terbesar dari 10 yang dimiliki dunia! (borneo, papua, sumatra).

3. Coba kita renungi, di manakah candi Borobudur, candi budha terbesar dan masuk ke dalam keajaiban dunia itu berada?
4. Masih belum cukup? Coba lihat RPUL, negara manakah yang memiliki 3 dari 20 danau terdalam di dunia? (danau Matano 590 meter, Toba 529 m, Poso 450 m).
5. Kita juga punya 28000 spesies tanaman, 2500 jenis anggrek, 6000 jenis tanaman obat, 400 gunung berapi -150nya masih aktif dan mewakili 75% gunung aktif di dunia, penghasil kopi terbesar ke-4, dan negara ke-4 pengekspor serum polio – yang diambil dari monyet ekor panjang.
6. Belum lagi di negeri ini ada 316 kelompok etnis dengan 670 bahasa, garis pantai terpanjang ke-3 di dunia (54726 km), 17508 pulau – cuma 6000 yang berpenghuni, dan 3500 dari 4500 spesies ikan di dunia.
7. Ada lagi? Coba perhatikan siapakah negara setelah Brasil yang memiliki keanekaragaman terbesar di darat dan di laut? atau menyumbang 25% jenis koral dan karang dunia?

Masih belum cukup untuk kita merasa optimis menatap masa depan bangsa ini? Atau setidaknya merasa bangga walau sedikit terhadap negeri ini? Kalau iya, mungkin kita harus balik bertanya kepada diri sendiri, bisakah kita merasa bangga seandainya kita bukan hidup di negeri ini?

Comments»

1. limpo50 - December 20, 2008

negara ini menyenangkan bagi orang luar… tapi rakyatnya tak merasakan manfaat dari kekayaan itu. Boleh bangga tapi siapakah yang menikmati ? Bali… Borobudur… Danau… Tambang… Hutan… Emas…
Salam

terasilmu - December 22, 2008

Yah mudah2n kedepannya nasib bangsa ini semakin jelas ya pak, asal kita tetap terus optimis…(siapa tau bpk yang bakal jadi pemimpin negeri ini di masa depan).

2. Calviniw - December 23, 2013

Menurut saya masyarakat Indonesia banyak yang pesimis karena mereka kurang mengetahui informasi yang Bapak sebutkan tersebut. Kebanyakan masyarakat Indonesia terbiasa dengan doktrin jika Indonesia adalah Negara yang buruk. Jadi, solusinya marilah kita memberitahukan informasi tentang Indonesia yang baik dari diri kita sendiri dan cintailah produk dalam Negeri.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: