jump to navigation

Langkah Jitu Hentikan Aksi ISRAEL! January 4, 2009

Posted by snhadi in Cermin Tergores.
trackback

 boycott-israel_little_kid

Setelah delapan hari menyerang membabi buta dengan serangan udara ke jalur Gaza, tentara ISRAEL kemarin mulai merangsek masuk wilayah Gaza melalui jalur darat. Yah perang terbuka antara penjajah ISRAEL dan pejuang PALESTINA sudah dimulai!

Kutukan dan tekanan dunia internasional hanya dianggap angin lalu bagi ISRAEL (seperti AS ketika menyerang AFGANISTAN dan IRAK). Kenapa demikian? karena ISRAEL punya kepercayaan diri tinggi! Selain bakal didukung sekutunya, AS, ISRAEL yakin dunia tak akan bisa berbuat apa-apa karena secara ekonomi mereka (negara-negara di dunia khususnya negara ARAB, dan juga INDONESIA) adalah jajahan ISRAEL!

Anda tidak percaya? Silakan cermati data berikut (sumber: http://www.indolink.co.il/about_i.html)

  1. Israel mempunyai lebih dari 140 ilmuwan dan insinyur per 10.000 penduduk, lebih dari dua kalinya Jepang dan hampir dua kalinya AS. Secara per kapita, Israel menduduki ranking kedua setelah AS dalam jumlah publikasi sains dan pendaftaran paten. Secara akademis, Israel juga menduduki persentase yang tinggi di dunia, dimana lebih dari 20% penduduk Israel menyandang gelar kesarjanaan.
  2. Sektor industri teknologi tinggi Israel sangatlah aktif meliputi lebih dari 3.000 produsen, lebih dari 2.000 start-up, sekitar 200 proyek inkubator yang meluluskan lebih dari 70 perusahaan baru tiap tahunnya, dan didukung oleh sekitar 60 perusahaan kapital yang memastikan lancarnya aliran investasi ke sektor ini. Perusahaan – perusahaan multinasional terkemuka seperti Intel, GE, Motorola, eBay, dll, mempunyai pusat R&D dan anak perusahaan di Israel, disamping aktivitas merger dan akuisisi yang terus tumbuh di semua sektor telekomunikasi, bioteknologi, peralatan medis, agroteknologi, elektronik dan perangkat lunak.
  3. Produk – produk Israel terkenal berkualitas tinggi sekaligus inovatif, suatu kombinasi yang memungkinkan Israel masuk ke pasar menengah atas di seluruh belahan dunia dengan harga efektif dan kompetitif. Lebih dari 50% ekspor Israel adalah ke pasar utama AS dan Eropa, diikuti oleh ekspor ke Asia yang terus tumbuh.
  4. Sejak tahun 2005, Israel memfokuskan pengembangan pasarnya ke Asia. Hingga pertengahan tahun 2006, ekspor sektor industri ke Asia tumbuh rata – rata 12.5%. Selama periode tersebut, ekspor ke Hong Kong naik 16.5%, ke Singapura 22%, ke Jepang 22%, ke Cina 24% dan ke Korea naik 42%.
  5. Perdagangan Israel dengan negara-negara Arab juga terus meningkat. Pada triwulan pertama 2006, ekspor langsung Israel ke negara-negara Arab mencapai USD 57 juta, meningkat tajam 34.5% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2005. Data ini belum termasuk ekspor ke wilayah Palestina, yang merupakan rekan dagang Israel nomor dua setelah AS, dengan nilai impor mencapai milyaran dolar AS.
  6. Potensi dagang antara Indonesia dan Israel sangatlah besar dan upaya-upaya hubungan bisnis telah dijalankan sejak dibukanya hubungan dagang secara resmi dan legal antara kedua negara pada tahun 2001 (Surat Keputusan Menperindag No.23/MPP/01/2001 tertanggal 10 Januari 2001 yang melegalkan hubungan dagang antara RI dengan Zionis-Israel pada era pemerintahan GUSDUR).

Lalu apa cukup dengan mengeluarkan kutukan akan menghentikan serangan ISRAEL yang didukung AS? TENTU TIDAK!

Sebagai orang awan, saya percaya langkah untuk menghentikan laju aksi biadab ISRAEL, yaitu dengan melakukan:

  1. Negara-negara arab yang memiliki hubungan diplomatik dengan ISRAEL seperti MESIR dan JORDANIA harus berani memutus hubungan mesra itu sebagai tanda protes keras (meski ini akan mengakibatkan hubungan yang tak harmonis dengan AS karena ternyata MESIR sangat bergantung kepada AS dalam hal paket bantuan ekonomi dan pertahanan yang mencapai 2,5 milyar dolar AS per tahun).
  2. Negara-negara Timur Tengah yang memiliki ketergantungan besar kepada AS terutama bidang pertahanan (seperti ARAB SAUDI, QATAR, KUWAIT, DLL) harus berani melirik RUSIA atau mungkin negara-negara lain yang tentu tak kalah tanggung dibanding AS dalam hal pertahanan.
  3. Negara-negara Timur Tengah harus berani men-STOP hubungan dagang dengan ISRAEL sebagai tanda protes, bahkan mereka bisa saja men-STOP aliran minyak ke ISRAEL.
  4. Untuk Indonesia, aksi tak cukup hanya sekedar kutukan dan mengirimkan bantuan relawan dan dana, melainkan harus lebih tegas, misalnya menghentikan hubungan dagang dengan mereka yang  telah berlangsung sejak tahun 2001.

boycott

 

 

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: