jump to navigation

Rokok Haram, Sebuah Keberanian! January 26, 2009

Posted by snhadi in Inspirasi Persahabatan.
trackback

MUI mengeluarkan fatwa haram tentang rokok!

no-smoking3

Meski MUI menyadari betul masih sangat bergantungnya kita selama ini terhadap rokok — selain menyumbang milyaran rupiah ke kas negara juga menyerap banyak tenaga kerja, fatwa tentang rokok akhirnya tetap dikeluarkan.

MUI menurut saya bukannya tidak melihat mendalam kemungkinan yang bakal terjadi setelah fatwa rokok dikeluarkan, misalnya kemungkinan bakal terjadinya PHK di pabrik-pabrik rokok atau petani tembakau. Tetapi sebagai lembaga kumpulan para ulama yang tentu nasihatnya sangat diperlukan, fatwa rokok harus tetap dikeluarkan.

Karena merujuk bahaya rokok bagi kesehatan, bahkan kematian, MUI akhirnya mengambil jalan tengah tentang fatwa rokok. Merokok difatwakan HARAM jika dilakukan di tempat umum, jika dilakukan anak-anak dan wanita hamil.

Hal ini tentu jalan tengah yang memang harus diambil, karena kondisi masyarakat yang belum memungkinkan. Saya yakin jika masyarakat sudah semakin mengerti, lambat laun fatwa haram bisa saja akan diberlakukan untuk siapapun yang merokok.

Dalam hal fatwa haram rokok yang masih terbatas, saya mengacungi jempol kepada MUI karena keberaniannya. Karena mungkin banyak hal yang akan dikorbankan nantinya.

Sebagai orang yang sangat setuju dengan diberlakukannya fatwa haram ini, saya berharap kecanduan negeri ini akan rokok sedikit demi sedikit akan hilang. Karena bagi saya, merokok sama dengan membunuh diri secara pelan-pelan. Dan jika dilakukan di tempat umum, maka itu sama dengan membunuh pelan-pelan orang lain yang berada di sekitar kita.

Sekali lagi hidup MUI! Dua jempol untuk Anda!

Advertisements

Comments»

1. nugie - January 27, 2009

Ya..saya setuju mas! mudah2an setelah ini gak ada lagi orang yang merokok sembarangan (di angkot, kereta, dll). Hidup MUI!

2. aanpiyut - January 27, 2009

biar merokok tidak haram sebaiknya sebelum merokok bismilah dulu… dan mesti dengan kopi panas.. sebenarnya yg diharamkan itu adalah mengeluarkan FATWA karena untuk kepentingan seseorang/golongan sj bukan untuk kepentingan ummat..

fatwa MUI = syunami = BENCANA NASIONAL…

untuk ulama-ulama NU dan Muhammadyah cepat-cepatlah mengambil sikap untuk menyelamatkan ummat sebelum MUI ini menjadi alat kepentingan pribadi dan golongan..
baca: aanpiyut.wordpress.com

3. terasilmu - February 1, 2009

Mas aanpiyut atau yang lainnya. Mewaspadai MUI dijadikan alat golongan tertentu sah-sah saja. Tapi kok yah saya yakin gak bakal terjadi MUI cuma menguntungkan salah satu golongan saja. Bukannya MUI juga kumpulan ulama dari banyak ormas termasuk NU dan muhammadiyah.

Buktinya, tentang rokok, MUI sebenarnya secara umum memakruhkan. Tetapi untuk merokok di tempat umum, wanita hamil, dan anak2 itu yang bisa masuk kategori haram karena bahayanya yang sangat besar.

Bagi saya, kewajiban semua kita saling mengingatkan, bukan? apalagi MUI yang merupakan wadah ulama indonesia. Jadi wajar jika mereka berusaha menyampaikan kebenaran berdasarkan ijtihad mereka.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: