jump to navigation

Pesan Untuk IMLEK 2560 January 27, 2009

Posted by snhadi in Senyuman Cinta.
trackback

chinese_new_year

Kalau umat islam mempunyai tahun baru hijriyah, dan umat nasrani merayakan tahun baru masehi, umat thionghoa juga sama, memiliki tahun baru, yang kita kenal sebagai lunar year atau imlek.

Di Indonesia, tahun ini imlek dirayakan begitu meriah. Di segenap penjuru orang keturunan china menyambutnya dengan gembira. Stasiun TV dan media cetak pun tak kalah heboh menyiarkan pesta gembira itu.

Bagi saya, ini adalah salah satu berkah reformasi, di mana orang tak lagi dilarang bersuka cita (bandingkan dengan jaman orde baru, ketika ada larangan perayaan imlek di negeri ini).  Orang bisa dengan bebas mengungkapkan kegembiraannya.

Orang yang merayakan imlek tentu berharap banyak di tahun baru ini. Tahun baru kerbau diharapkan membawa angin segar bagi kesejahteraan masyarakat, apalagi di tengah kekhawatiran dampak buruk krisis global.

Sebagai umat muslim, saya menghormati segala bentuk perayaan mereka, meski saya tak ikut merayakan. Dan tentunya saya juga memiliki harapan, semoga di tahun ini, tak ada lagi sekat yang memisahkan antara etnis pribumi dan keturunan. Tak ada lagi pandangan sebelah mata karena merasa diri lebih kaya atau terhormat. Tak ada lagi gaya hidup mengeklusifkan diri dan berusaha menjaga jarak dari orang kebanyakan.

Semoga perbauran etnis juga semakin kental sehingga tak ada lagi sentimen etnis dan kecemburuan sosial, seperti yang terjadi beberapa tahun lalu. Semoga semua pihak semakin menyadari, berbedaan adalah rahmat yang patut kita syukuri, bukan sebuah ancaman.

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: