jump to navigation

Kadang di Atas Kadang di Bawah February 1, 2009

Posted by snhadi in Cermin Tergores.
trackback

Sepertinya inilah ungkapan yang mungkin paling pas yang saya harus berikan kepada teman kerja sekantor saya. Beberapa minggu ini dia sedang berada di bawah, dalam arti mendapat banyak tekanan dan dicari-cari kesalahannya supaya menyerah dan akhirnya mengundurkan diri.

 

Perusahaan dengan sangat jelas tidak menghendaki mem-PHK teman saya ini. Entah apa maksud dibalik semua itu, mungkin juga perusahaan merasa berat mengeluarkan banyak biaya untuk pesangon (maklum teman saya sudah bekerja lebih dari 5 tahun).

Saya tidak tahu apa ada aturan pemerintah yang melarang perusahaan “memainkan” karyawannya. Dengan kata lain, sang karyawan dikondisikan agar tidak betah dan akhirnya pergi dengan ikhlas tanpa harus dipecat.

Padahal kalau mau bercermin ke waktu lampau, seharusnya perusahaan tidak melakukan hal tersebut. Karena saya tahu selama bekerja teman saya cukup berdedikasi bahkan banyak berkontribusi. Bahkan koneksi luas di lembaga pemerintahan dan swasta membuat banyak kepentingan perusahaan menjadi lebih mudah diselesaikan tanpa banyak terbentur urusan birokrasi.

Saya tidak tahu sampai berapa lama kondisi ini bertahan, jika manajemen suka karyawan disayang, tetapi jika sudah tidak suka, karyawan “disingkirkan”…

Comments»

1. M Shodiq Mustika - February 14, 2009

ngeri juga yah di PHK tanpa persiapan???
mau makan apa, kerja sudah 5th, kerjanya bagus,kok di PHK…
ga usah kawatir rejeki sudah ada yang mengatur, kita berusaha saja, insya Allah akan dibukakan jalan rejekinya……amien…


Leave a Reply

