jump to navigation

Pentingkah Data Kesehatan Pasien? February 9, 2009

Posted by snhadi in Cermin Tergores.
trackback

Beberapa bulan yang lalu, saya bersama beberapa rekan kerja mengadakan medical check up rutin di salah satu rumah sakit di Batam (Harapan *****). Darah, urin, mata, paru-paru semua diperiksa tanpa kecuali.

Beberapa hari yang lalu saya memperoleh salinan hasil medical check up-nya. Menurut saya hasil ini sangat penting untuk melihat kondisi kesehatan saya beberapa bulan terakhir ini.

Awalnya saya percaya ketika melihat lembaran hasil tersebut. tetapi kemudian menjadi ragu. Karena ternyata beberapa data dari lembaran kesehatan milik teman terdapat kesalahan. Ada yang dia wanita ditulis pria. Ada yang pakai kaca mata, tetapi ditulis tidak berkaca mata dan matanya normal.

Bagi saya, data yang kecil saja seperti jenis kelamin, atau hasil pemeriksaan mata bisa salah, apalagi data yang lain! Wah kalau begitu seberapa pentingkah data hasil kesehatan pasien menurut rumah sakit yah? Jangan2 selama ini banyak data yang tertukar! Atau bisa jadi salah diagnosis! Bisa gawat kan….

Coba kita bayangkan, jika kita tak punya penyakit tetapi tiba2 di hasil kesehatan menunjukkan adanya penyakit berbahaya dan bisa mengakibatkan kematian, kan bisa bahaya! Bisa-bisa akan terjadi salah penanganan nantinya, dan ini membuka banyak peluang malpraktek!

Tetapi semoga itu cuma bayangan negatifku saja yang terlalu dibesar-besarkan yah…Semoga kenyataannya tidak demikian. Dan tidak ada data pasien yang salah karena keteledoran sumber daya manusianya.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: