jump to navigation

Apel Indonesia! March 3, 2009

Posted by snhadi in Inspirasi Persahabatan.
trackback

Beberapa hari yang lalu saya mengunjungi salah satu pasar tradisional di Batam. Sebenarnya saya tidak berencana membeli apa-apa. Tetapi karena teman-teman mengajak saya mampir ya sudah mampir saja.

Tiba di tempat jualan buah, saya tertarik untuk mencari buah-buahan kesukaan saya, apel malang dan jeruk medan ato kalimantan. Sewaktu bertanya, rupanya lidah ini salah berucap, saya bilang, “bang ada apel indonesia?” (maksudnya apel malang-red).

Nah looh ternyata si abangnya jadi bingung. Setelah beberapa saat, lalu beliau menjawab, “wah ga ada mas, adanya apel amerika, mau ga?”. Dengan spontan saya menggelengkan kepala sambil tersenyum.

Dalam hati kemudian saya berpikir, kalo di pasar tradisional saja sulit ditemui buah-buahan dalam negeri, bagaimana kalo di supermarket atau pasar modern? apa memang begitu sulit memasarkan buah-buahan yang di tanam di dalam negeri? atau memang kuantitas dan kualitasnya yang kurang baik dibanding produk luar negeri? entahlah…

Itu baru buah, belum produk-produk lain! Tapi untunglah pemerintah minggu-minggu ini sedang menggalakkan usaha pemakaian produk dalam negeri dan memperketat impor beberapa produk asing. Mudah-mudahan dengan demikian semakin banyak produk dalam negeri yang kita lirik, dan kita lebih mencintai produk dalam negeri. Di tengah krisis begini, tentu lebih baik kita memberi makan bangsa sendiri dibanding negeri asing, bukan?!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

