jump to navigation

Nikah Siri = Kontrak = Poligami = Penjara 3 Bulan? March 7, 2009

Posted by snhadi in Inspirasi Persahabatan.
trackback

Ada wacana aneh di RUU Peradilan Agama yang sejak setahun lalu dibahas DPR dan sekarang tinggal menunggu pengesahannya. Adalah wajar menurut saya, hukum negara memasukkan hukum agama atau hukum adat ke dalam hukum negara, tentu dengan tujuan agar bisa mengakomodasi semua pihak.

Tetapi kemudian jika hukum negara sudah mengatur masalah ajaran atau hukum agama yang akhirnya bertentangan dengannya, adalah sesuatu yang agak aneh menurut saya.

Seperti yang terjadi pada RUU Peradilan agama. Disebutkan bagi yang menikah SIRI, KONTRAK, dan POLIGAMI akan diberlakukan sanksi berupa hukuman penjara maksimal 3 bulan dan denda 5 juta! Apa-apaan ini?

Di Islam sepanjang yang saya tahu, nikah KONTRAK memang HARAM hukumnya karena dilandasi niat yang buruk! Dan ini wajar jika dikenai sanksi. Tetapi nikah SIRI sepanjang dengan tujuan yang baik dan sesuai rukun nikah adalah sah secara agama! Dan siapapun tidak berhak menghukuminya selayaknya terdakwa! Begitu pula POLIGAMI jelas diperbolehkan dalam islam, dan ada dalam al qur’an, kenapa harus dipermasalahkan? Kalau masalah harus adil, itu jelas dan allah dengan tegas mensyaratkannya jika kita ingin ber-POLIGAMI dan kalau sampai tidak tercapai, hukum Allah yang akan berlaku!

Lalu jika sampai RUU ini disahkan, apa manusia sudah begitu percaya dirinya sampai-sampai ingin membuat hukum yang melebihi hukum yang dibuat TUHAN? Apakah kita tidak sadar, kita ini jauh dari sempurna dan tak pantas menginginkan kesempurnaan di atas kesempurnaan TUHAN! 

Umat islam janganlah tidur! Hati-hati terhadap upaya-upaya yang ingin meliberalkan ajaran agama kita.mylive-signature

Comments»

1. Gugus - March 7, 2009

Masak poligami kena sanksi hukuman? Jadi penasaran sama isi draft nya.

2. nurul huda - February 15, 2010

RUU yang mengharamkan nikah siri dan poligami menurut saya yang berkeyakinan slam itu sangat keliru, masak anggota DPR RI yang mayoritas islam justru mau kalah dengan faham non muslim, buktinya pemikiran yang ingin merubah atau mengajak tidak menghormati aturan Allah jelas orang itu karena tidak paham dengan islam. Dalam alqur’an jelas poligami diperbolehkan kok…….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: