jump to navigation

Partai-Partai Oportunis! April 14, 2009

Posted by snhadi in Kursi Patah.
trackback

Melihat dan mendengar gonjang-ganjing berita politik pasca pemilu 9 April, membuat saya ingin sedikit berkomentar.

Yang menarik bagi saya kali ini adalah selalu ada partai-partai oportunis dalam dunia politik! Meskipun mungkin itu sah-sah saja, bagi saya keberadaan partai-partai ini tidak mendidik kita cara berpolitik yang gentle dan sehat.

Meski tidak sepaham dengan PDIP, saya cukup salut dengan kekonsistenan arah kebijakan politik mereka saat ini. Sekali beroposisi (bersebrangan) dengan partai pemerintah akan terus beroposisi (kecuali mungkin kalau mereka yang menang pemilu, lain ceritanya hehehe).

Hal berlawanan ditampilkan partai lain semisal GOLKAR dan PPP. Menurut saya, jika sampai setelah pemilu legislatif, GOLKAR dan PPP kembali merapat ke DEMOKRAT dan PKS (koalisi GOLDEN BRIDGE) dan cenderung meninggalkan koalisi GOLDEN TRIANGLE yang dibentuknya bersama PDIP, ini akan mengopinikan adanya kemungkinan mereka termasuk partai-partai yang oportunis.

Seandainya saya PDIP, adanya kemungkinan berubahnya arah politik partai GOLKAR dan PPP, cukup memberikan pelajaran sendiri, bahwa apapapun mungkin dalam dunia politik, “kawan bisa jadi lawan, lawan bisa jadi kawan” dan sikap oportunis masih dianggap bukan merupakan suatu kekeliruan.

Seandainya saya DEMOKRAT, kecenderungan “renggangnya” hubungan dengan GOLKAR dan PPP sebelum pemilu april dan kecenderungan eratnya kembali hubungan itu pasca kemenangan DEMOKRAT, juga akan memberikan pelajaran sendiri, “Hati-hati sekarang kawan belum tentu besok tetap menjadi kawan”.

Note:
Saya tetap berharap GOLKAR dan PPP tetap merapat ke PDIP dengan melanjutkan GOLDEN TRIANGLE-nya. Dan berharap ini akan didukung oleh GERINDRA dan HANURA.

Sementara DEMOKRAT teruslah konsisten memupuk hubungan GOLDEN BRIDGE-nya dengan PKS. Dan berharap akan didukung oleh PAN dan PKB.

Kalau ini terjadi, pertarungan PILPRES mendatang akan jauh lebih seru, dan yang lebih penting lagi, kita bisa memberikan pesan, “tak ada tempat bagi partai-partai oportunis”.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

