jump to navigation

The Real Super Hero! May 5, 2009

Posted by snhadi in Inspirasi Persahabatan.
trackback

Orang mengenal 10 November sebagai hari pahlawan di negeri ini. Orang juga mengenal taman makan pahlawan sebagai peristirahatan terakhir para pejuang bangsa. Dan masih banyak hal-hal yang berhubungan dengan kata pahlawan. Tetapi benarkah pahlawan hanya diperuntukkan untuk orang-orang yang berjuang membela negeri melawan penjajah? Tidak adalah definisi lain? Kalau kita telusuri, ternyata definisi pahlawan tidak sesempit itu.

Guru yang bekerja tanpa lelah guna mencerdaskan anak bangsa ternyata juga dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Yah, pahlawan bukan sekedar orang yang berjuang melawan penjajah dan kemudian gugur dan mendapatkan jasa. Tetapi semua orang bisa menyandang gelar pahlawan bergantung kepada siapa yang memandangnya. Seorang tenaga kerja luar negeri juga bisa kita sebut pahlawan devisa, atau seorang ayah yang bekerja mencari nafkah untuk anak dan isterinya juga bisa kita katakan sebagai pahlawan keluarga, dan masih banyak yang lainnya.

Tetapi kali ini saya tertarik akan kehidupan para buruh migran, khususnya di kota Batam. Bagi saya mereka juga adalah pahlawan, bahkan gelar pahlawan yang paling lengkap – saya senang menyebut mereka dengan gelar pahlawan super. Kenapa pasal? Bagi saya dengan bekerja keras mencari penghidupan di kota sekeras Batam ini, mereka telah menjadi pahlawan setidaknya bagi Batam, karena telah menjadi tulang punggung bergeraknya ekonomi dan kehidupan kota. Apa jadinya kalau Batam sepi para pekerja buruh? Apakah para investor tertarik menanamkan usaha di kota ini?.

Setiap buruh juga pahlawan bagi keluarganya masing-masing. Mari kita bayangkan, jika seandainya para buruh tidak mendapatkan pekerjaan yang layak, apakah kehidupan keluarga mereka akan terjamin? Bagaimana nasib sekolah anak-anaknya?

Buruh bagi saya juga pahlawan moral. Kenapa bisa begitu? Bayangkan kehidupan buruh yang berangkat bekerja di pagi hari, dan pulang di sore atau bahkan malam hari tentu membuat kita menyadari sesuatu, mereka adalah orang yang pantang menyerah dan pekerja keras. Di saat di bumi bagian lain orang lebih memilih meminta-minta untuk mencukupi segala kebutuhan hidupnya, para buruh ini justru berjuang penu peluh untuk mensejahterakan kehidupannya. Di saat ada segelintir orang yang malas, para buruh ini mampu membuktikan kerja keras adalah tindakan yang jauh lebih terhormat. Para buruh ini telah memberikan pelajaran berharga bagi kehidupan moral negeri ini.

Tetapi sayangnya kita masih menganggap mereka sebagai kalangan yang bukan prioritas. Bahkan di mata para pembuat kebijakan sekalipun. Masih banyak buruh yang hanya dimanfaatkan layaknya sapi perah. Masih banyak buruh yang tak tentu nasibnya dengan sistem kerja kontrak, dan sebagainya.

Bagi saya, buruh sudah selayaknya mendapat penghargaan menilik banyak peran bagi kehidupan kita. Semoga dengan demikian akan lebih banyak potensi yang bisa digali lagi dari dalam diri pahlawan super ini. Dan bukanlah mimpi, jika dikemudian hari pahlawan super ini sanggup menciptakan banyak pahlawan super lainnya yang tentu jauh lebih potensial, jauh lebih cerdas, dan jauh lebih beruntung.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: