jump to navigation

Menjajal Kayak di Sekilak May 14, 2009

Posted by snhadi in Inspirasi Persahabatan.
trackback

lomba dayungBagi kita yang tinggal di daerah pulau tentu tidak asing dengan laut dan segala macam pernak-perniknya, seperti transportasi laut, olahraga laut, atau makanan laut. Tetapi bagi saya yang berasal dari daerah dataran tinggi, bahkan sangat jarang melihat laut apalagi merasakan secara langsung kehidupan masyarakatnya, tentu suatu hal yang menarik ketika saya memutuskan hijrah ke Batam untuk bekerja.

Selayaknya anak yang memiliki mainan baru, tentu segala macam usaha akan dilakukan untuk bisa menikmatinya. Begitu pula saya, ketika memutuskan bekerja di salah satu perusahaan swasta di Batam, saya harus benar-benar ingin menikmati suasana kehidupan daerah pulau ini. Tentu dengan pertimbangan agar bisa lebih nyaman bekerja di tempat yang jauh dari daerah asal ini.

Karenanya saya mencari hal-hal yang menarik di daerah ini. Tentu yang pertama saya ingin rasakan adalah suasana laut karena notabene Batam termasuk daerah kepulauan. Sebagai seorang perantau, tentu saya menginginkan ketika saya menikmati suasana laut, saya juga bisa sekaligus menikmati apapun yang berhubungan dengan laut, entah itu makanannya ataupun olahraganya.

Pilihan saya jatuh pada pantai Sekilak. Selain menurut informasi yang saya peroleh Sekilak terkenal akan keindahan suasana lautnya, Sekilak juga memiliki keistimewan lain, yaitu tersediannya fasilitas olahraga air seperti kayak. Bagi saya ini cukup menarik dan sesuai dengan keinginan saya, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui yang artinya selain bisa menikmati suasana laut saya juga ingin merasakan memacu adrenalin dengan menjajal kayak.

P1290625

Dengan beberapa orang teman, di hari libur, kami memutuskan mengunjungi pantai Sekilak. Jangan khawatir jika kita sama sekali tidak punya informasi tentang Sekilak, cukup banyak website yang menggambarkannya. Selain itu kita bisa menyewa mobil untuk menuju ke sana karena dijamin para sopir di Batam sudah sangat familiar dengan pantai Sekilak.

Keuntungan kita berangkat menggunakan angkutan umum yang kita sewa adalah ongkos akan lebih murah dan memuat lebih banyak orang. Tentu bagi yang memiliki kendaraan pribadi lain lagi ceritanya. Angkutan umum (angkot) dengan kapasitas penumpang sepuluh atau sebelas orang bisa kita sewa seharian dengan biaya sekitar Rp 300.000. Ini dengan catatan jika angkot tersebut selalu stand by bersama kita selama seharian, dari pagi sampai malam. Jika kita tidak menyewanya seharian, tentu biayanya akan jauh lebih murah. Apalagi jika jarak tempat tinggal kita tidak begitu jauh dengan objek wisata yang akan kita kunjungi, biayanya pasti jauh lebih murah lagi.

Berangkat bersama rombongan dari wilayah tempat tinggal kami di Tanjung Uncang menuju pantai Sekilak, kira-kira membutuhkan waktu satu jam perjalanan. Jangan khawatir dengan kemacetan, tidak seperti kota-kota besar di Jawa, Batam relatif aman dari kemacetan. Mungkin karena belum teralu padatnya penduduk kota ini. Untuk dapat masuk ke objek wisata pantai Sekilak, kita dikenai tarif tiket masuk hanya enam ribu rupiah per orang dengan biaya parkir mobil lima ribu rupiah setiap mobilnya. Sangat murah untuk golongan objek wisata.

Di dalam objek wisata Sekilak, kita bisa menikmati banyak hal, suasana pantainya, laut dengan batu-batu besarnya, rerimbunan pohonnya, dll. Selain kita bisa menikmati suasana laut dengan bernyanyi-nyanyi atau makan-makan, kita juga bisa menikmatinya sambil menjajal olahraga air seperti kayak. Tarifnya cukup murah. Untuk menikmati kayak selama 20 menit kita hanya dikenai biaya sekitar lima belas ribu saja per kayaknya. Perkayak maksimal diisi oleh dua orang atau satu pasang. Selain kayak bagi kita yang membawa anak kecil, jangan khawatir kita tetap bisa menikmati olahraga pantai dengan menyewa sepeda air.

P1290600

Bagi yang tidak bisa berenang, tidak usah was-was karena di sini tersedia jaket pelampung untuk setiap pengunjung. Selain itu penjaga keamanan objek wisata akan selalu siaga memantau kita. Bahkan mereka ikut berkeliling menggunakan kayak, untuk memastikan kita menikmati liburan dalam suasana yang aman.

P1290647

Menikmati kayak bagi saya yang belum pernah mencoba dan tidak bisa berenang tentu suatu tantangan tersendiri. Awalnya saya cukup takut menjajal kayak di Sekilak ini. Tetapi dengan dorongan dan keyakinan dari teman-teman dan melihat orang lain pun bisa menikmatinya, akhirnya saya ikut juga merasakan. Dan ternyata, cukup menantang dan memacu adrenalin. Selain dituntut kekompakkan dengan teman satu perahu, kita juga dituntut bisa menjalankan dayung dengan benar agar arah perahu kayak sesuai yang kita inginkan. Sangat menarik apalagi jika kita menikmatinya dengan banyak teman karena kita bisa mengadakan perlombaan kecil-kecilan untuk menambah semarak suasana.

Bebek

Di objek wisata ini, sarana dan prasarananya cukup lengkap. Bagi kita yang tidak membawa bekal makanan atau minuman, kita bisa menikmati suasana pantai sambil makan di kedai-kedai yang tersedia. Segala jenis makanan pun ada. Di Sekilak juga tersedia sarana kamar mandi dan toilet gratis untuk menambah kenyamanan pengunjung. Selain itu ada juga fasilitas lapangan bola mini, panggung hiburan, dll.

Jadi bagi yang tidak memiliki cukup biaya untuk menikmati akhir pekan, tidak ada salahnya mengunjungi Sekilak. Merasakan suasana pantai sambil menikmati olahraga laut atau sea food-nya adalah kenikmatan tersendiri.

Comments»

1. Catur - November 21, 2009

Pak Nug..
Terima kasih sudah datang ke sekilak..
Ada yang lebih seru lagi mas.. bagaimana kalau ikut dayung ke pulau seputaran barelang mas?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: