jump to navigation

Batam 2022, Menuju Pusat Teknologi Digital Indonesia dan Asia Tenggara May 30, 2009

Posted by snhadi in Goresan Ilmu.
trackback

Ketika Indonesia saat ini bermimpi tahun 2022 akan menjadi tahun bagi negeri ini menjadi tuan rumah perhelatan akbar sepakbola dunia (world cup) adalah wajar jika saya pun memiliki mimpi, tahun 2022 Batam menjadi kota kebanggaan negeri, menjadi pusat perkembangan teknologi informasi dan digital, bahkan menjadi rujukan negara-negara Asia Tenggara.

Tidak menjadi soal ketika orang mungkin menyangsikan terwujudnya mimpi saya ini. Bagi saya mimpi atau cita-cita selalu bisa memberikan inspirasi dan kekuatan. Inspirasi dan kekuatan ini pada akhirnya melecutkan semangat untuk bisa terus konsisten menapaki jalan untuk mewujudkan mimpi, meski jalan terjal menghadang.

Apa yang mendasari saya bermimpi demikian? Saya melihat ada keinginan yang kuat di kalangan masyarakat untuk menjadikan Batam sebagai kota digital dan teknologi informasi. Dan ini adalah modal besar bagi terwujudnya cita-cita menjadikan Batam menjadi Pusat Teknologi Informasi dan Digital Indonesia dan Asia Tenggara. Apalagi dukungan dari pemerintah kota Batam yang cukup besar. Ini terbukti dengan dibangunnya hotspot-hotspot di beberapa tempat di Batam, yang bisa dimanfaatkan secara gratis, baik di area publik seperti taman internet Engku Puteri Batam Centre, taman internet di Sekupang, taman internet di Belakang Padang, pelabuhan ferry Sekupang, pelabuhan ferry Water Front, rumah sakit Budi Kemuliaan, Harbour Bay, rumah sakit Awal Bross, masjid raya Baiturrahman Batam Center, maupun area restoran dan café serta pusat perbelanjaan.

Didukung oleh diterapkannya Free Trade Zone (FTZ) beberapa bulan lalu membuat peluang mimpi ini menjadi kenyataan sangat terbuka lebar. Kita tahu FTZ memungkinkan arus masuk dan keluarnya barang dan jasa semakin mudah. Tentu dengan demikian, segala sarana dan prasarana pendukung teknologi informasi dan digital akan semakin mudah diperoleh, dengan harga yang relatif lebih terjangkau tentunya.

Dukungan dari letak geografis yang strategis juga bisa menjadi keuntungan tersendiri. Apalagi kita mengetahui, Batam sangat dekat dengan selat Malaka, salah satu jalur pelayaran teramai di dunia. Tidak menutup kemungkinan akan banyak orang asing dari negeri dengan teknologi informasi yang maju, yang akan datang ke Batam. Hal ini tentu membuka peluang adanya transfer teknologi dari mereka kepada penduduk kota Batam.

Saya menyadari, tak mudah mewujudkan sebuah mimpi atau cita-cita. Tetapi saya yakin, tidak ada yang tidak mungkin selama kita mau berusaha. Pemerintah dengan program-programnya yang semakin pro teknologi informasi dan digital seperti semakin menambah titik-titik internet gratis bagi masyarakat, tidak hanya di taman-taman terbuka dan fasilitas publik tetapi juga masuk jauh lebih dalam misalkan ke sekolah-sekolah dan perguruan tinggi (internet go to school atau campus), mendorong aparatur negara dan pelayanan publik untuk memanfaatkan teknologi informasi dan digital ini dengan benar agar semakin memudahkan dan mempercepat kinerja mereka dalam melayani masyarakat, bekerja sama dengan berbagai pihak terutama investor untuk mencoba membangun pusat penelitian dan pengembangan teknologi informasi dan digital, merekrut ahli teknologi terkemuka Indonesia atau dunia untuk mengembangkan karir di Batam sehingga memungkinkan transfer teknologi bisa berjalan lebih baik dan terarah (seperti yang dilakukan Amerika Serikat yang merekrut banyak ahli teknologi informasi yan berasal dari berbagai negara seperti India), dan masyarakat dengan pengertiannya yang semakin terbuka akan pentingnya manfaat teknologi digital untuk meningkatkan taraf hidup mereka, sedikit demi sedikit akan membuka jalan menuju ke arah terwujudnya cita-cita menjadikan Batam pusat teknologi nformasi dan digital Indonesia dan Asia Tenggara di tahun 2022. Tidak ada salahnya bukan, bermimpi , apalagi mimpi ini sangat mungkin untuk diwujudkan.

Advertisements

Comments»

1. haitsam shiddiq - May 31, 2009

wah… jangan berharap 2022 dong, mudah-mudahan batam digital island mencapai puncaknya pada tahun 2012 atau 2010

terasilmu - May 31, 2009

yang saya maksud tahun 2022 batam menjadi pusat teknologi informasi dan digital Indonesia dan Asia Tenggara, bukan hanya menjadi pulau digital pak…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: