jump to navigation

Menanti Munculnya Lagu Anak-anak! June 8, 2009

Posted by snhadi in Alam Khayal.
Tags: ,
trackback

My Kid's SpiritSaat ini perkembangan musik di tanah air sungguh luar biasa. Bahkan untuk kawasan Asia Tenggara, mungkin cuma bangsa kita yang memiliki kekayaan musik yang beragam. Bahkan beberapa orang menyebutnya, Indonesia adalah kiblatnya perkembangan musik Asia Tenggara.

Saat penyanyi dan band-band baru bermunculan, penyanyi dan band-band lama tetap eksis dan tetap menelurkan karya-karya emasnya. Mereka terus berlomba-lomba memberikan karya yang terbaik, agar bisa dinikmati dan diterima masyarakat.

Namun entah kenapa, bagi saya perkembangan musik kita terlihat timpang. Ada segmen yang tidak terakomodasi, yaitu anak-anak. Setelah era Joshua dan Sherina, tak ada lagi artis cilik yang muncul membawakan lagu anak-anak. Semua larut euforia musik dewasa. Bahkan tak jarang anak kecil pun ikut terlarut menikmati lagu dan musik dewasa. Jadi jangan salah jika kemudian di rumah-rumah kita, di jalan, atau di manapun anak-anak kita berada, mereka akan lebih suka menyanyikan lagu dewasa dibanding lagu anak-anak.

Cukup miris memang. Seharusnya lagu dewasa tidak layak dinyanyikan anak-anak. Pesan cinta yang begitu kental terhadap lawan jenis, tidak sepatutnya menjadi konsumsi mereka. Apalagi tidak jarang banyak lirik lagu dewasa yang berisi penghujatan, keputus-asaan, pesan-pesan vulgar, yang memang seharusnya dijauhkan dari anak-anak.

Tetapi untungnya saya cukup senang ketika pentolan group band “Radja” (Moldy) meluncurkan album anak-anak yang dinyanyikan oleh group “Raja Kecil”. Meskipun terlihat bergaya pop rock tetapi nuansa anak-anaknya begitu terasa. Lirik lagunya pun memang layak dibawakan anak-anak. Mudah-mudahan ini menjadi awal bangkitnya kembali lagu anak-anak.

Semoga upaya ini juga didukung semua pihak terutama para orang tua. Mari hindari anak-anak kita menjadi dewasa sebelum waktunya. Biarkan mereka menikmati lagu yang memang pantas untuk mereka. Lagu yang ikut membimbing mereka menjadi anak-anak yang baik, sayang terhadap orang tua, keluarga, dan teman.

Comments»

1. LirikLagu - December 22, 2009

Emang bener bnget tu bos, anak2 harusnya nyanyi lagu anak2 juga. Saya suka sama Raja Kecil,hbisnya kecil2 cabe rawit biar msih kecil tp jago ngeband. Keren…

snhadi - December 24, 2009

Ayo mari kita dengarkan anaknya lagu yang seharusnya memang utk anak…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: