jump to navigation

Debat Capres, Antara Harapan dan Kenyataan! June 18, 2009

Posted by snhadi in Inspirasi Persahabatan.
Tags:
trackback

FlowerMalam ini saya, dan mungkin jutaan rakyat Indonesia, untuk sejenak mengalihkan pandangan mata dari menyaksikan acara gosip selebriti yang semakin hari semakin tidak jelas atau acara sinetron yang lebih banyak berisi kepalsuan dan menjual mimpi, ke acara yang lebih serius dan cukup menarik, yang untuk pertama kali digelar di negeri ini, Debat Calon Presiden 2009.

Mungkin lantaran baru pertama kali digelar, masih banyak kekurangan terlihat di sana-sini. Entah pembawa acara dan moderator yang tampak sedikit grogi atau pun calon presiden yang memang terlihat agar kurang siap dalam membawakan visi dan misinya. Belum lagi porsi debatnya yang saya rasakan jauh dari cukup, sehingga terkesan monoton.

Awalnya saya berharap debat kali ini sebagai cerminan “perseteruan” mereka di lapangan – tentu kita sangat tahu, dalam kampanye di dunia “nyata”, tidak jarang mereka saling sindir, saling tuding, dan saling mengakui keberhasilan masing-masing. Tetapi sampai akhir acara, saya tidak melihat hal itu terjadi. Saya justru melihat ketiga pasangan ini tampil kurang bersemangat – terlihat jauh sekali kualitasnya dengan debat calon presiden Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Para calon presiden ini justru terlihat cenderung mencari aman dengan banyak mengeluarkan pernyataan yang mendukung pasangan lainnya, bukan malah mengkritisi – mungkin lantaran disiarkan langsung ke pelosok negeri, sehingga mereka takut memperburuk citra mereka di mata masyarakat karena banyak mengkritisi pihak yang lain.

Bagi saya, ini adalah pelajaran berharga. Sebagai pribadi, jika kita tidak setuju pendapat orang lain, kita harus menyampaikannya dengan baik dan elegan. Kita juga harus berani menyampaikannya langsung ke orang yang bersangkutan, bukan justru melalui pihak ketiga, yang bisa jadi karena kekurang-tepatan komunikasi membuat isu yang kita lemparkan menjadi lebih bernuansa negatif dan dipenuhi bumbu-bumbu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Di acara debat selanjutnya, saya berharap kualitasnya bisa jauh ditingkatkan. Calon presiden saya harapkan lebih mampu membawakan program-programnya dengan lebih baik agar tidak jatuh kepada retorika semata. Porsi debat antarcalon presiden pun perlu lebih ditambah, bukan malah lebih mengutamakan pertanyaan dari moderator. Kalau perlu, kasih kesempatan calon untuk bertanya kepada calon yang lainnya, agar suasana jauh lebih hangat dan hidup. Dengan demikian masyarakat akan lebih yakin terhadap calon pemimpin yang diinginkannya.

Hidup Indonesiaku, negeri yang mendamba pemimpin yang adil dan bijaksana untuk membuka gerbang kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Comments»

1. Rahmat Kedai - June 18, 2009

Saya juga suka nonton debat CAPRESS pak ^^b….
Ketika mereka berdebat dengan argument mereka masing2, saya berpikir….
1. Yang penting pemimpinnya bukan ce…
2. ISLAM…
3. Integritasnya tinggi!

Kedai

2. terasilmu - June 18, 2009

yah…yah…setuju sm 3 syaratnya mas, hehehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: