jump to navigation

KPK, Thank You So Much, I Love You Good Bye! July 13, 2009

Posted by snhadi in Kursi Patah.
Tags: ,
trackback

Beberapa hari yang lalu grup musik SLANK dan beberapa pemerhati korupsi di negeri ini mendeklarasikan CICAK (Cinta Indonesia Cinta KPK) di Tugu Proklamasi Jakarta.

Bagi saya apa yang dilakukan SLANK adalah tindakan yang tepat! Di saat masa penalti dari Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap DPR tentang batas akhir pembuatan Undang Undang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (TIPIKOR) akan segera berakhir 19 Desember 2009 nanti.

Semua pasti tahu, salah satu penyebab kenapa negeri ini mengalami peningkatan yang cukup baik dari indeks pemberantasan korupsi dari 2,3 di tahun 2007 menjadi 2,6 di tahun 2008 adalah kegigihan KPK (komisi Pemberantasan Korupsi) melakukan perang terhadap para koruptor. Tentu disertai dukungan masyarakat yang juga sudah bosan atas kesewenang-wenangan para koruptor menghabiskan uang rakyat demi keuntungan pribadi.

Namun sayangnya semangat pemberantasan korupsi ini nampaknya akan meredup jika kita tidak mengawasinya dengan ketat. Buktinya, anggota dewan yang terhormat (DPR) tidak juga berhasil mensahkan UU TIPIKOR padahal sudah diberikan jangka waktu 3 tahun oleh MK untuk menyelesaikannya.

Memang bagi sebagian orang, KPK dan pengadilan TIPIKOR adalah momok menakutkan. Karena sekali mereka terciduk, maka tamatlah riwayat mereka. Rata-rata semua kasus yang ditangani KPK pasti berujung kepada penahanan dari tersangka. Bandingkan dengan upaya penanganan korupsi yang dilakukan oleh peradilan umum, hanya 1/3nya yang berhasil menjebloskan para koruptor ke jeruji besi, lebih dari 60%nya bebas! Bahkan yang masuk bui pun hukumannya rata-rata hanya beberapa bulan saja.

Tahun 2009 ini adalah tahun persimpangan bagi KPK, akankah berhenti karena terganjal UU ataukah bisa berjalan mulus di tahun-tahun selanjutnya dalam mengawal upaya pemberantasan korupsi. Sebagai masyarakat kita tentu harus ikut berjuang agar kehadiran KPK bisa terus ada untuk membuat efek jera bagi para koruptor. Jangan sampai kita terlambat dan hanya bisa berucap, KPK thank you so much, i love you good bye!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: