jump to navigation

Mensyukuri Kemerdekaan August 1, 2009

Posted by snhadi in Senyuman Cinta.
Tags:
trackback

GalaxyPagi ini awal Agustus 2009, ketika ribuan orang tengah berlatih menyelam penuh semangat demi mengejar rekor dunia dalam rangka menyambut peringatan dirgahayu kemerdekaan negeri ini, 17 Agustus depan, saya hanya bisa mengetik huruf per huruf kata-kata yang ingin saya tuangkan di blog saya, di kamar kos yang sebentar lagi akan saya tinggalkan.

Yah, bagi sebagian orang, sebagai sebuah negara, meski kita telah merdeka selama 64 tahun, pada hakikatnya kita masih belum merdeka. Meski penjajah asing sudah hengkang dari negeri ini sejak 64 tahun yang lalu, sebagian kita masih merasa hidup dalam kekangan. Hidup dalam belenggu kemiskinan yang tak pernah berkesudahan, hidup dalam keterbatasan dalam mendapatkan hak hidup yang layak di negeri ini. Bagi mereka kemerdekaan yang seutuhnya hanya dimiliki oleh segelintir orang, sedangkan sebagian besar lainnya hanya bisa bermimpi.

Tidak salah memang ada sebagian kita yang beranggapan demikian. Terlepas dari setuju atau tidaknya anggapan tersebut, bagi saya, apapun yang telah berlaku di negeri ini sudah sepantasnya kita syukuri bersama. Karena secara sadar atau tidak, banyak hal yang terjadi di negeri ini yang bisa terus membuat kita belajar menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Peristiwa bom di Mega Kuningan, Jakarta, akhir Juli lalu membuat kita bisa belajar bagaimana kita harus saling menjaga satu sama lain, bagaimana kita harus menghargai orang lain meski mereka berbeda dengan kita, dan merangsang kita untuk hidup tidak egois dan mementingkan diri sendiri.

Hasil pemilihan presiden yang ditetapkan KPU beberapa hari yang lalu juga merupakan pelajaran tersendiri bagi kita dalam berdemokrasi. Kita bisa belajar bagaimana mensyukuri kemenangan tanpa berlebihan, bagaimana menerima kekalahan dengan kepala tetap tegak berdiri, dan bagaimana menjadi bangsa yang tidak terpecah meski banyak perbedaan di antara kita. Dan masih banyak peristiwa lainnya yang sudah selayaknya kita pandang dari sudut positifnya.

Bagi saya mensyukuri apa yang telah tuhan berikan kepada kita, jauh lebih indah dibandingkan hanya mengeluh akan nasib yang tidak kunjung berubah, akan kekangan keadaan yang tak pernah berakhir. Dengan selalu bersyukur di tiap bangun dan menjelang tidur kita, saya yakin akan memberikan motivasi tersendiri bagi kita untuk berbuat lebih banyak lagi untuk melepas jerat kehidupan yang selama ini mungkin belum berpihak kepada kita. Dan yang terpenting, tuhan akan selalu tersenyum dan memberikan cinta-Nya kepada kita, jika kita bisa terus tersenyum kepada-Nya dan kepada dunia.

Comments»

1. Iklan Baris - August 15, 2009

Ya, tanpa terasa negara kita ini sudah hampir 64 tahun berada dalam alam yang merdeka. setiap tahun pula kita selalu memperingatinya. Namun, bangsa ini tidak sekedar butuh rutinitas semata. negeri ini mendambakan kemerdekaan yang seutuhnya. merdeka bukan sekedar dalam arti lahiriah, tetapi jauh lebih dalam daripada itu. Ingat, negeri ini sedang dilanda krisis multi dimensi. kita semua bertanggung jawab untuk mewujudkan apa yang telah diperjuangkan para pahlawan. sebab di tangan kita lah masa depan bangsa ini dipertaruhkan!
Iklan Baris Gratis


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: