jump to navigation

Anakku Bukan Milikku August 18, 2009

Posted by snhadi in Inspirasi Persahabatan.
Tags:
trackback

water_01Anak adalah titipan tuhan kepada kita. Karenanya jika kita menghargai tuhan maka kita akan selalu melakukan yang terbaik dalam menjaga anak-anak kita, baik dari kesehatannya, pendidikannya, maupun akhlak dan budi pekertinya.

Adalah suatu tantangan yang luar biasa saat kita diberi tanggung jawab untuk mewujudkan cita-cita tuhan, menjadikan anak-anak kita orang yang mulia di mata tuhan. Segala upaya akan kita lakukan, meski mungkin sampai harus berkorban segala yang kita miliki, dari mulai harta sampai kebahagiaan kita.

Tetapi jika dalam kenyataannya hanya kita yang berkorban, sedangkan lingkungan di sekitar kita tidak, tentu hal tersebut menambah beban tersendiri bagi kita. Kita seolah-olah diharuskan menghancurkan tembok yang tidak terlihat dan sangat kokoh.

Berbicara tentang lingkungan yang ikut mempengaruhi mentalitas buah hati kita, saya sedikit memiliki pengalaman pribadi tentang bagaimana lingkungan, langsung tidak langsung bisa menjadi guru bagi baik atau buruknya perilaku anak-anak kita. Coba perhatikan gambar berikut (gambar diambil sekitar bulan Juli 2009 di depan salah satu toko kelontong di Batam.

IMG00245

Apa yang anda saksikan? yah seorang anak sedang mencoba peruntungan dengan bermain di alat ini. Adakah yang salah dengan permainan ini? Mungkin sampai saat ini kita belum melihat di mana faktor kesalahannya. Tetapi coba perhatikan baik-baik saat saya memperbesar isi kotak permainan ini.

IMG00247

Coba perhatikan kotak yang diikat bersama hadiah-hadiah yang lain. Yah SATU BUNGKUS ROKOK! Jadi layakkah rokok diikut-sertakan sebagai hadiah dalam permainan yang diperuntukkan bagi anak-anak? Cukup mendidikkah permainan ini menurut anda?

Bagi yang punya permainan, mungkin cara ini dianggap sebagai salah satu strategi untuk lebih menarik para orang tua (terutama yang pecandu rokok) untuk ikut serta dalam permainan ini. Dengan kata lain, anak senang, orang tua pun ikut senang (karena ikut mendapatkan hadiah rokok jika anaknya beruntung). Pemilik mainan rela melakukan ini, meskipun secara langsung atau tidak mereka ikut mengenalkan rokok kepada anak-anak di bawah umur, dan ini tentu bukan pelajaran yang baik bagi kehidupan masa depan mereka.

Jadi sebagai orang tua, kita haruslah semakin berhati-hati dan waspada dalam menjaga amanah anak ini. Karena jika kita kurang kritis dalam menyikapi kondisi sekitar yang mungkin akan sering ditemui oleh anak-anak kita dalam perjalanan hidupnya, maka bisa jadi tuhan akan marah, karena kita telah gagal menjaga amanah-Nya dengan benar.

Comments»

1. Esti ^_^ smile - August 20, 2009

Betul sekali kadang orang tua sudah berusaha untuk mendidik sebaik mungkin namun lingkungan yang membuat semua pendidikan yang diajarkan kepada anak menjadi sia-sia.
sebagai orang tua kita harus bisa benar -benar menerapkan nilai – nilai yang benar dengan kasih sayang…. ^_^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: