jump to navigation

Menyisir Sisi Non Komersil Malioboro October 10, 2009

Posted by snhadi in Senyuman Cinta.
Tags: ,
trackback

Siapa yang tak mengenal Malioboro, sebuah jalan yang tak pernah mati dengan aktivitas ekonominya. Sebuah jalan yang tak pernah dilupakan siapapun jika mengunjungi Yogyakarta. Yah, pergi ke Jogja tanpa singgah ke Jalan Malioboro (Jalan A. Yani), tak lengkap rasanya, bagaikan makan sayur tanpa garam.

Malioboro di Kala Malam

Malioboro dengan sejuta permasalahannya; sampah yang mencapai dua ton setiap hari, pedagang yang kurang tertib, lahan parkir yang sempit dengan ratusan kendaraan yang memadatinya, jalanan yang tersendat, ditambah lagi pengemis yang hilir mudik ke sana ke mari, seakan tak mengurangi minat pengunjung dalam maupun luar negeri mendatangi Malioboro. Entah sekedar penasaran atau mungkin tertarik dengan banyaknya barang kerajinan dan oleh-oleh yang ditawarkan pedagang.

Bagi saya, Malioboro tidak sekedar itu. Ada sisi lain dari jalanan sejuta umat ini. Kalau kita sempat mampir ke Malioboro, jangan lupakan sisi non komersialnya. Di Malioboro kita akan menemukan sisi sejarah, sisi pendidikan, dan sisi rohani. Setelah capai menelusuri Malioboro dan membawa sejumlah barang oleh-oleh, jangan lupa istirahatkan diri sejenak di sisi lain Malioboro.

Salah satu yang menarik bagi saya adalah Jogja Libarary Center. Gedung berlantai dua ini terselip di antara bangunan-bangunan toko. Kalau Anda memasuki Malioboro dari arah Stasiun Tugu Yogyakarta, maka letak perpustakaan ini ada di sebelah kanan ruas Jalan Malioboro.

Jogja Library Centre3JPG

Saat memasukinya, hiruk-pikuk Malioboro dengan segala aktifitasnya seakan lenyap, berganti dengan suasana tenang dan nyaman. Panasnya Jalan Malioboro pun segera berganti dengan sejuknya suasana ruangan perpustakaan. Di sini, Anda akan menjumpai berbagai koleksi buku dan koran. Bahkan koleksi korannya tampak cukup banyak, koran dari terbitan tahun 90-an sampai koran hari ini dapat kita temukan di perpustakaan ini.

Jogja Library Centre1 Koleksi Koran Jogja Library Center

Kalau Anda pencinta digital library, jangan khawatir di perpustakaan ini juga disediakan ruangan khusus untuk kegemaran Anda mencari literatur via digital. Yang juga menarik dari Jogja Library Center ini adalah tempat yang cukup luas dan nyaman, yang sengaja disediakan bagi kita yang ingin membaca koleksi buku atau koran yang ada dengan suasana santai.

IMG00505 Jogja Library Centre5

Yah, sejenak kita melupakan sisi ekonomi Jalan Malioboro dan kita beralih ke sisi pendidikan dan pengetahuannya. Pengalaman yang siapa saja berhak menikmatinya. Termasuk juga Anda tentunya…

Comments»

1. masmpep - October 12, 2009

saya sering melihat bangunan satu ini. namun sayang belum sempat mampir. lokasi favorit saya: vredenburg, gedung agung, dan taman pintar. tanpa ketiganya, tak ada malioboro rasanya….

salam blogger,
masmpep.wordpress.com

snhadi - December 8, 2009

Silakan mampir….nikmati suasanannya.

Salam Blogger

2. Jogja Sleeping Bag - August 30, 2013

kapan ke Jogja lagi?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: