jump to navigation

Arti Sebuah Kehidupan October 12, 2009

Posted by snhadi in Cermin Tergores.
Tags: ,
trackback

Akhir-akhir ini saya merasa sangat prihatin melihat kondisi negeri ini. Saat nyawa seseorang seakan tidak berharga lagi. Seakan kematian adalah jalan yang pantas dan terbaik yang bisa kita tempuh.

Benarkah kita layak menjadi hakim atas kematian seseorang? Pantaskah kita menggantikan posisi Tuhan? Sejajarkah kita dengan Yang Maha Pemilik Kehidupan dan Kematian?

Keindahan-hidup

Dulu, susah payah ibu kita mengandung. Sementara ayah kita di sela-sela kesibukannya mencari nafkah, tak pernah berhenti memperhatikan kita meski wujud kita nanti saat dilahirkan pun belum pernah terbayang sedikitpun olehnya. Itu adalah bukti cinta tulus mereka menyayangi kita. Bukti bahwa mereka sangat menghargai kehidupan kita, meski saat itu kita belum “hidup”.

Setelah kita lahir, kasih sayang mereka tidak pernah surut bahkan semakin menjadi. Rasa ingin menjaga buah hatinya agar selalu aman, terlindung dari kemungkinan bahaya semakin menebal. Ini juga bukti mereka menghargai Tuhan yang telah menitipkan kita kepada mereka.

Kini, setelah kita beranjak dewasa dan memiliki kemandirian untuk menjaga diri kita sendiri, akankah kita melupakan kasih sayang kedua orang tua kita? Layakkah kita menjadi orang yang tidak menghargai kehidupan? Kita dengan seenaknya menebar maut bagi lingkungan kita!

Bahkan kita dengan tersenyum lebar dan bangga telah menjadi jagal bagi kematian saudara-saudara kita sendiri. Kemanakah rasa kemanusiaan itu pergi? Sudah lunturkah nilai-nilai moral yang ditanamkan orang tua kita sejak kecil, sirna digantikan oleh cap atas nama membela kebenaran (yang mungkin juga bisa salah) dan tugas negara (bukan tugas dari Tuhan)? Mungkinkah para malaikat pencabut nyawa suatu saat nanti akan berhenti bekerja karena tugasnya telah kita gantikan? Ataukah posisi Tuhan sudah bisa kita abaikan karena kini kehidupan telah sepenuhnya menjadi milik kita?

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: