jump to navigation

Mari Warnai Dunia Maya dengan Bahasa Kita October 24, 2009

Posted by snhadi in Senyuman Cinta.
Tags:
trackback

 

10241746773 Saya termasuk salah seorang yang cukup memahami bahwa dunia internet adalah dunia global yang menuntut kepraktisan, keefisienan, dan kefektifan dalam interaksinya. Namun saya juga termasuk salah seorang yang menentang dengan keras dihalalkannya segala cara dalam komunikasi di media maya meski untuk mendukung kepraktisan, keefektifan, dan keefisienan dalam berinteraksi.

Adalah benar bahwa bahasa adalah pintu gerbang dunia. Jika ingin mengenal dunia maka kenalilah dulu bahasanya. Jika ingin mengenal dunia maya, pahamilah dulu bahasa dunia maya. Seperti yang pernah diungkapkan Prof. Joko Pitoyo, ahli filsafat Universitas Gadjah Mada (UGM) beberapa waktu lalu di sesi kuliah dengan mahasiswa Pasca Sarjana UGM. Namun, bagi saya karena dunia maya bersifat global dan siapapun bisa masuk untuk mempengaruhinya, kita juga memiliki peluang untuk mengokohkan bahasa dunia maya agar lebih baik dan santun tanpa harus kehilangan sisi kepraktisan, keefektifan, dan keefisienannya.

Karena bahasa juga merupakan cerminan budaya, maka bagi saya adalah penting ikut memberi warna yang baik dalam berbahasa di dunia maya sehingga orang akan semakin menilai positif dunia ini. Dunia maya akan dipandang juga sebagai dunia sarat makna dan nilai. Dunia yang bukan bebas dari segalanya. Dunia yang juga memiliki peraturan yang harus dipertanggung-jawabkan.

Jadi siapkan diri kita agar bisa ikut mewarnai dunia maya dengan bahasa kita, bukan justru sebaliknya dunia kita yang diwarnai dengan bahasa dunia maya. Mari kita jadikan dunia maya menjadi dunia yang lebih baik melalui bahasa kita.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: