jump to navigation

Pertamina Menuju NOC Kelas Dunia December 20, 2009

Posted by snhadi in Senyuman Cinta.
Tags:
trackback

Sebagian orang merasa pesimis dengan cita-cita Pertamina menjadi National Oil Company (NOC) bertaraf dunia di tahun 2023. Bukan tanpa sebab, persaingan yang semakin ketat di dunia migas, terutama semakin banyak bermunculannya perusahaan migas dunia, ditambah lagi dengan semakin menipisnya cadangan migas Indonesia, membuat mereka beranggapan, Pertamina harus realistis dan berpikir seribu kali untuk mewujudkan mimpi itu. Benarkah demikian? Mampukah pertamina menjawab pesimisme sebagian orang ini?

Bagi saya, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Yang paling tidak mungkin adalah ketika kita diam saja di saat dunia berubah. Kita tidak mungkin hanya cukup puas duduk di kursi penonton, sementara yang lainnya berebut menjadi pemain dan menciptakan banyak peluang.

Memang tidak mudah menjadi NOC bertaraf dunia. Tidak bisa Pertamina hanya melakukan upaya yang biasa saja untuk mengejar target tersebut. Perlu ada kerja keras yang luar biasa dan fokus yang terus tetap terjaga, atau kalau tidak NOC bertaraf dunia hanya sebatas mimpi di siang bolong.

Beruntung Pertamina menyadari tantangan menjadi NOC bertaraf dunia bukanlah hal yang ringan. Karenanya Pertamina berusaha mengadakan transformasi besar-besaran di semua lini perusahaan, baik sektor hulu maupun sektor hilir. Kinerja, profesionalisme, dan efisiensi di tubuh BUMN ini terus diperbaiki. Bahkan road map menuju NOC bertaraf dunia di tahun 2023 juga sudah disiapkan dan sudah dijalankan sejak tahun 2008.

Tentu butuh waktu, kesabaran, dan dukungan yang kuat dari berbagai pihak untuk bisa melangkah menuju NOC yang mampu bersaing dengan NOC dari negara-negara lain. Sama halnya ketika dahulu para pejuang negeri ini dengan segala kerja keras, kesabaran, dan optimisme yang ada mampu memberikan energi yang kuat untuk mewujudkan Indonesia menjadi negeri yang merdeka, cita-cita yang sebelumnya mungkin tidak pernah terbayangkan akan dapat diwujudkan.

Dengan kerja keras yang selalu dijadikan motor penggerak, kita akan melihat apakah NOC bertaraf dunia hanya sebatas mimpi atau benar-benar bisa diwujudkan. Apakah Pertamina mampu mentransformasi diri menjadi perusahaan kebanggaan negeri. Biarlah Pertamina dan waktu yang akan membuktikan.

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: