jump to navigation

Mencipta Image Pertamina, Kesan Pertama Begitu Menggoda, Selanjutnya… December 24, 2009

Posted by snhadi in Inspirasi Persahabatan.
Tags:
trackback

Tidak bisa dipungkiri, di mata masyarakat Indonesia, ketika membicarakan Pertamina, maka yang muncul pertama kali adalah image Pertamina sebagai BUMN berlahan basah. Gaji yang besar dan fasilitas yang lebih dari mencukupi bagi karyawannya membuat tidak sedikit pemuda-pemudi terbaik negeri ini mencoba peruntungan bekerja di Pertamina.

Cukup hanya sampai di situ sajakah image tentang Pertamina di mata rakyat kita? Ternyata tidak! Saya mengutip hasil survei yang dilakukan Situs Survey Dharmapena tahun 2007 yang menyebutkan bahwa SPBU Pertamina masih suka curang, tidak profesional, sarang KKN, sumbangan corporate social responsibilitynya belum memenuhi keinginan masyarakat, terlalu birokratis, kegiatan hulunya masih dinilai merusak lingkungan, dan sejumlah image kurang baik lainnya.

Menurut saya, kedua image yang tercipta untuk Pertamina (yang saya sebutkan pada kedua paragraf di atas), bukanlah image yang menggembirakan. Keduanya adalah beban berat yang harus dipikul Pertamina untuk melangkah ke depan. Mengubah image masyarakat bahwa tertarik masuk Pertamina bukan karena landasan perut saya, melainkan lebih karena faktor pengabdian dan menyingkirkan kesan-kesan negatif lainnya terhadap Pertamina, bukanlah perkara yang mudah.

Meski tidak mudah, Pertamina harus mau mengubahnya. Ini tentu kalau Pertamina ingin menjadi perusahaan migas yang disegani tidak hanya di lingkungan lokal Indonesia, tetapi juga regional Asia dan dunia.

Sudah benar apa yang dicanangkan manajemen puncak Pertamina untuk mengubah Pertamina ke arah yang lebih baik dengan program transformasinya. Tinggal bagaimana program transformasi tersebut bisa dijalankan secara konsisten, serta mendapat dukungan dari segenap pihak baik di dalam tubuh Pertamina sendiri maupun pemerintah Indonesia, yang notabene pemilik resmi Pertamina.

Kerja keras harus terus dilakukan agar road map (peta jalan) menuju Pertamina 2023 yang jauh lebih profesional, transparan, berkualitas, berkelas dunia, dan yang terpenting dicintai rakyat Indonesia bisa terlaksana dengan baik. Kerja keras harus menjadi energi positif bagi Pertamina untuk menjadi lebih baik.

Mudah-mudahan dengan demikian, di tahun 2023 nanti Pertamina yang baru benar-benar lahir, yaitu Pertamina yang benar-benar dicintai rakyat Indonesia karena pelayanannya yang baik, profesional, bebas KKN, produknya bermutu dunia dan berharga murah, bersahabat dengan lingkungan, dan memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi.

Dan saat semua harapan itu bisa terwujud, maka rakyat Indonesia ketika ditanya tentang Pertamina akan dengan senang hati menjawab, “Pertamina, kesan pertamamu begitu menggoda, selanjutnya juga terus menggoda…”.

Advertisements

Comments»

1. iwan - December 26, 2009

satu2nya yang kurang dari artikel anda adlah font anda kecil banget.. selebihnya saya acungi jempol..bagus dan original serta ringan, lugas, tajam.. keren.. silakan compare dengan artikel saya

snhadi - January 2, 2010

terima kasih utk masukannya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: