jump to navigation

Produk Asing, Mari Silakan Masuk…! January 19, 2010

Posted by snhadi in Alam Khayal.
Tags:
trackback

Awal tahun 2010, ranah berita di negeri ini selain sedang diramaikan oleh kasus bank Century dan pemberian fasilitas mewah bagi tahanan “istimewa”, juga dihangatkan gonjang-ganjing penerapan pasar bebas perdagangan.

Bagi saya, membanjirnya produk asing ke tanah air bukan hal yang aneh lagi. Dulu saat masih tinggal di Batam, produk Malaysia, Cina, Singapura, Thailand sangat mudah ditemui di supermarket-supermarket atau bahkan toko-toko kelontong pinggir jalan. Bahkan mungkin produk negeri kita sendiri menjadi kalah tempat dan sulit ditemui, atau kalau adapun menjadi mahal.

Omong-omong masalah kekhawatiran berbagai pihak tentang akan kalahnya produk kita dibanding produk asing yang membanjir ke dalam negeri khususnya produk Cina, bagi saya tidak usah terlalu dibesar-besarkan. Biarkan saja barang produk asing masuk ke Indonesia dengan bebas, dengan harga yang semurah-murahnya mereka bisa. Tidak perlu ditolak ataupun dihalangi. Looh kok?

Iya, kenapa harus repot mengurusi langkah untuk membendung produk asing, karena kalau yang legal dibatasi, yang ilegal juga pasti tetap masuk. Mungkin di awal-awal, produsen kita akan kewalahan dan kalah bersaing, dan bisa jadi ada beberapa di antara mereka yang akhirnya gulung tikar. Tetapi bagi saya itu tidak apa-apa. Itu justru awal yang baik bagi perkembangan ekonomi kita.

Tentu jika kita punya usaha, kita tidak mau toh usaha kita kalah dan sampai tutup. Bagaimana kita menghidupi anak cucu kita. Nah dengan kondisi tekanan dari luar (berupa serbuan produk asing) dan tekanan dari dalam (keinginan agar tetap hidup), justru ini akan menimbulkan motivasi yang besar bagi para produsen kita untuk bisa lebih kreatif dan inovatif dalam menghasilkan produk yang menjual dan berharga murah. Tentu para produsen dalam negeri tidak mau selamanya kalah saing dari produk asing.

Kalau sudah begini, konsumenlah yang bisa menentukan. Tentu mereka akan memilih yang terbaik. Produknya berkualitas, menarik, dan murah. Kalau produk dalam negeri juga memiliki kriteria demikian, yakinlah konsumen dalam negeri akan lebih senang memakai produk dalam negeri dibanding produk asing yang belum tentu kualitasnya meskipun berharga murah.

Jadi, masih takut perdagangan bebas? tentu tidak bukan.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: