jump to navigation

20 Tahun Setia Menjaga Tradisi Kuliner Bekasi February 11, 2010

Posted by snhadi in Senyuman Cinta.
Tags: ,
trackback

Sudah menjadi hukum alam, setiap perkembangan suatu kota, termasuk Bekasi, tentu akan diiringi dengan semakin bergairahnya aktifitas ekonomi masyarakat di kota tersebut. Salah satunya adalah kegiatan ekonomi masyarakat di bidang kuliner. Bahkan kuliner seringkali menjadi bagian khas dari kota yang membedakannya dengan kota-kota lain. Namun sayangnya, seiring perkembangan jaman tidak selamanya pusat kuliner dapat dipertahankan dari waktu ke waktu. Hanya sedikit yang mungkin masih tetap bisa eksis mengikuti geliat perkembangan kota.

Dari sedikit pusat kuliner di Bekasi yang mampu bertahan hingga saat ini, salah satunya terletak di kota Bekasi Selatan, tepatnya di sekitar wilayah Jalan Raya Taman Galaxi. Sedikitnya ada beberapa jajanan kota di wilayah ini yang sejak awal tahun 1990 sampai 2010 ini masih tetap bisa bernafas dan merupakan daya tarik tersendiri bagi wilayah ini.

1. Sate Ayam Madura Pak Kholil (Jalil)
Entah sudah berapa generasi sate ayam ini telah ada di wilayah dekat gerbang kompleks Pondok Timur Mas, Jakasetia. Yang jelas, dari dulu hingga saat ini kualitas sate milik pak Kholil ini tetap bisa terjaga.
Bahkan dari dulu hingga sekarang ternyata menu yang ditawarkan juga relatif tidak berubah, seperti sate ayam yang khusus benar-benar daging ayam (tidak dicampur dengan jeroan atau bagian ayam lainnya), sate kulit ayam yang gurih nan renyah, sate telur, dan sate jeroan. Yang menjadi khas lainnya dari sate ayam ini adalah bumbu kacangnya yang kental, legit, manis, dengan butiran-butiran kacang yang tidak terlalu halus. Sangat pas rasanya sebagai pelangkap sate ayamnya.

Namun sayangnya sate ayam ini hanya buka di sore hari sampai malam. Jadi bagi kita yang ingin menikmati aneka jenis sate ayam khas ini harus sabar menunggu waktu petang. Tetapi awas jangan sampai kemalaman datang, karena di hari-hari tertentu, misalnya weekend biasanya meski hari belum larut, sate ayam sudah habis terjual. Bahkan tidak jarang meski datang sore pun kita diharuskan bersabar mengantri giliran.

2. Bakso Super Haji Diran
Bakso yang satu ini juga setia menjaga tradisi kuliner di Bekasi Selatan. Sudah lebih dari 20 tahun dengan setia memanjakan kita para penikmat bakso. Bakso H. Diran ini terletak di Ruko Galaxi, dekat patung kuda I. Meski terletak di dalam ruko, namun nuansa yang diciptakan seakan kita berada di rumah sendiri. Di sini kita akan melihat meja kursi kayu yang besar-besar yang membuat suasana menjadi nyaman. Bakso H. Diran ini menyediakan aneka bakso seperti bakso urat, bakso tahu, bakso telor, dan lain-lain. Cita rasa yang cocok bagi para penikmat bakso kampung.

3. Seafood Mas Gun
Meski hanya jajanan kaki lima dan terletak di pinggir jalan dengan tenda sebagai pelindungnya, rasa seafood yang satu ini boleh diadu dengan seafood-seafood mahal dari restoran ternama. Yang unik, seafood mas Gun ini memiliki banyak pelayan, sehingga kita tidak perlu menunggu lama untuk bisa menikmati aneka seafood yang ada.

Menu yang sering dicari pengunjung karena keistimewaannya adalah seafood yang disajikan dengan saus padang. Dan dari banyak menu yang tersedia, kepiting saus padang termasuk yang paling pas dilidah. Menu yang tidak kalah nikmat lainnya adalah kerang rebus yang disajikan dengan bumbu kacang, saos sambal, dan nanas. Sangat sesuai untuk memuaskan kerinduan kita akan seafood nikmat dan berharga terjangkau.

Seafood warung tenda yang terletak di samping TK Tunas Jakasetia dan seberang bank BNI Galaxi ini buka setiap hari dimulai sejak sore hari hingga malam. Namun jangan heran jika saat kita berkunjung, kita harus sabar mengantri giliran. Bahkan di hari-hari tertentu, seafood “jalanan” ini sudah tutup meski jam di tangan kita belum menunjukkan pukul 9 malam.

4. Martabak Manis Special Asli Bangka “Ronny”
Martabak manis ronny ini juga termasuk yang setia menemani hari-hari masyarakat di wilayah Taman Galaxi Bekasi Selatan. Dengan menu aneka martabak manis (cokelat, kacang, keju, dll), selama kurang lebih dua puluh tahun setia menjaga tradisi kuliner di wilayah Bekasi Selatan.

Letaknya yang strategis di Jalan Raya Galaxi (bersebelahan dengan seafood mas Gun) dan rasa martabaknya yang enak mampu menyedot perhatian para pencinta martabak. Pokoknya, belum ke Bekasi Selatan rasanya jika belum mencicipi nikmatnya martabak manis ronny ini. Harga yang terjangkau dengan porsi martabak yang banyak ditambah rasa yang benar-benar menggigit lidah membuat siapapun yang sudah menikmati martabak ronny ini akan merasa ketagihan, dan dijamin akan datang lagi berkunjung di lain waktu.

Beberapa kuliner lainnya masih tersebar di wilayah Bekasi. Kuliner yang selalu ada dan berani menjaga tradisi, yang mampu bertahan dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Membuat kita patut berterima kasih kepadanya, karena citra Bekasi secara tidak langsung juga ikut terangkat dengan adanya mereka.

Comments»

1. Update Data Peserta Lomba Blog dan Lomba Foto “Aku Cinta Bekasi” | Komunitas Blogger Bekasi - February 13, 2010

[…] 53. Sapto N ugroho Hadi, Judul : 20 Tahun Menjaga tradisi Kuliner Bekasi […]

2. Mega - February 19, 2010

Salam kenal..

Mau tau resep2 gampang dan rekomendasi tempat makan yang enak ? Kunjungi blog saya yaa.. http://sisters2kitchen.wordpress.com.. Thanks

3. Yoedhi P - March 17, 2010

di jalan raya bekasi ..ada warung sate afrika.. kayaknya tempatnya bersih.. n yummy… aroma domba bakarnya tuh… muantab..
bikin ulasannya dunk

snhadi - March 26, 2010

Wah enk sekali keliatannya…boleh juga tuh🙂

4. Yoedhi P - March 17, 2010

sate afrika di bekasi.. tempatnya di raya bekasi.. sekitar gold coin..

5. indyastaric06 - June 13, 2010

makasih rekomendasinya…patut dicoba..

6. yuni - April 1, 2012

jadi kangen ni ke bekasi hmmm

7. Bromo Travelling - April 23, 2013

artikel dan foto-fotonya keren keren boss.. Terimakasih infonya

8. Padi City Resort - May 2, 2013

Informasinya sangat menarik. Nice info. Thx🙂

9. Travel Keren - May 15, 2015

wah patut dicoba nih sepertinya, mumpung lagi di bekasi

10. Rasya - September 22, 2015

tapi seafood mas gun sekarang udah pindah ke jalan arah ke pondok timur mas, di sebelah toko oleh2 mirama… kecil tapi, susah parkirnya

snhadi - April 20, 2016

Ya betul. Sy memang tempat skg kurang mendukung. Padahal penggemarnya byk.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: