jump to navigation

Jogja…Tradisi Itu Masih Ada March 2, 2010

Posted by snhadi in Senyuman Cinta.
Tags:
trackback

Sewaktu sebuah sms teman masuk ke hape saya kamis malam minggu kemarin, mengajak untuk melihat acara grebek di depan masjid agung keraton Jogja, saya langsung setuju. Maklum selama ini saya hanya melihatnya melalui berita di TV dan di koran-koran. Mumpung saya ada di Jogja saat ini, kenapa harus disia-siakan. Hitung-hitung pengalaman baru menonton tradisi yang katanya tetap lestari sampai saat ini.

Di tempat tinggal saya dulu, di Cirebon, yang juga memiliki banyak tradisi keraton, saya tentu sudah tidak aneh tentang adat-adat keraton pada umumnya. Namun saya berharap ada yang berbeda dari tradisi keraton di Jogja dan di Cirebon.

Sampai di sana ternyata kondisi panas terik tak membuat masyarakat berhenti merangsek maju mendekati halaman masjid, dengan maksud mendekati gunungan untuk memperebutkan “berkah”nya. Untung dengan diantar teman yang cukup mengenal Jogja, sampailah kami di depan halaman masjid, meski tidak sampai dekat dengan posisi gunungan yang akan diperebutkan. Jadi saat semua orang berebut “berkah” gunungan, saya dan teman-teman malah sibuk foto-foto (narsis abiss…).

Saya juga sempat memfoto beberapa pedagang yang menjual sesuatu yang menurut saya unik, karena belum pernah saya temui sebelumnya. Dan yang juga menarik para penjualnya sebagian besar adalah wanita-wanita tua (mungkin yang gadis-gadisnya sedang asyik ber-facebook hehehe…).

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

