jump to navigation

Tips Memilih Souvenir Spesial Untuk Hari Spesial March 11, 2010

Posted by snhadi in Senyuman Cinta.
Tags:
trackback

Dalam hidup seseorang, tentu ada saat-saat spesial yang membuatnya seakan “memiliki” dunia, misalnya acara penikahan, ulang tahun, dan lain-lain. Momen-momen penting itu akan berusaha kita lengkapi agar tampak sempurna, misalnya dengan mengundang kaum kerabat dan sahabat-sahabat dekat agar turut serta merasakan kegembiraan yang kita peroleh. Dan tentu demi memberikan kebahagiaan yang lebih kepada mereka, seringkali kita menyuguhkan hal-hal istimewa, misalnya makanan atau oleh-oleh spesial.

Kita tentu tidak mau membuat para tamu undangan merasa kecewa dengan apa yang kita suguhkan.  Karenanya berbagai hal akan kita lakukan termasuk tidak jarang harus mengorbankan banyak waktu dan biaya untuk sekedar mencari suguhan yang terbaik bagi mereka.

Untungnya di jaman informasi teknologi yang serba maju ini, kita sedikit banyak merasa beruntung karena telah banyak orang yang mau dengan senang hati membantu kita. Banyak tips-tips tersedia agar kita tidak sampai salah memilih suguhan (misalnya souvenir) untuk tamu undangan istimewa kita. Berikut ini kami sedikit membaginya untuk anda.

Meski menjamu tamu istimewa itu penting, tetapi yang jauh lebih penting adalah seberapa mampu kita melakukannya. Kita harus menyesuaikannya dengan anggaran yang kita miliki. Jangan sampai kita hanya bahagia saat acara sedangkan selepasnya kita menyesal karena telah LEBIH BESAR PASAK DARIPADA TIANG.

Setelah budget souvenir telah kita tentukan, selanjutnya kita tinggal berburu. Cari informasi souvenir melalui website agar jangkauannya lebih luas. Kalau langsung melalui produsen, seringkali kita dibuat kecewa karena hanya sedikit dari mereka yang menyediakan katalog produk yang mereka hasilkan (apalagi kalau produsen souvenir tradisional).

Jika kita telah mendapat katalog yang kita inginkan, lihat secara detail satu per satu produk yang ditawarkan. Jika kita tertarik souvenir karena lucu, menarik, namun harganya di luar anggaran belanja kita, jangan khawatir, kita tinggal menghubungi galerinya  (produsennya) dan menanyakan apakah bisa menyediakan produk sejenis dengan harga yang sesuai dengan keinginan kita (karena sepanjang yang saya ketahui, produsen yang baik akan selalu menerima dengan senang hati permintaan calon pelanggannya).

Jangan terjebak dengan IKLAN kata-kata, “HARGA MURAH MERIAH”. Karena untuk memesan souvenir dengan jumlah yang cukup banyak (misalnya untuk acara pernikahan atau ulang tahun), kita harus mempertimbangkan banyak hal termasuk:

  1. Apakah harga tersebut sudah termasuk tulisan nama dan kemasan? Kalau belum, hati-hati kadang-kadang harga per pcs (buah) souvenirnya jatuhnya akan lebih mahal.
  2. Apakah harga tersebut sudah termasuk kotak pengaman (untuk souvenir agar tidak rusak saat pengiriman, produsen biasanya memberi pengaman kayu)? Jika belum termasuk, kalkulasikan berapa harga kayu pengaman per box souvenir? Berapa buah souvenir yang mampu ditampung per box kayu tersebut? Karena bisa jadi, meski harga di katalog tampak murah, setelah ditambah kayu pengaman jatuhnya akan jauh lebih mahal.
  3. Yang paling baik adalah cari produsen yang sudah menyediakan fasilitas-fasilitas ini secara GRATIS agar kita tidak repot menghitung jumlah riil yang harus kita bayar.

Jangan mudah percaya dengan produk IMPOR. Karena meski mungkin bisa lebih murah (?), siapa yang akan bertanggung jawab dengan kualitasnya? Tentu kita tidak mau mengecewakan tamu undangan kita, dengan produk asal-asalan, bukan?. Jadi yang paling pas adalah cari souvenir yang diproduksi di dalam negeri, karena kita bisa melakukan banyak “tekanan” jika mereka tidak bisa melakukan servis dengan baik.

Jika kita mencari produk souvenir melalui internet, cegah penipuan dengan tips sebagai berikut:

  1. Cari tahu identitas pemiliki toko online souvenir tersebut. Manfaatkan komunitas anda untuk mendapatkan informasi lebih jauh.
  2. Cari toko online souvenir yang memiliki alamat kontak nyata, agar kita bisa sewaktu-waktu menghubunginya.
  3. Cari toko online souvenir yang dikelola dengan baik dan secara professional, tidak asal-asalan dibuat.
  4. Cari toko online souvenir dengan tampilan produk yang detail dan menarik karena ini menjadi indikator keseriusan toko online tersebut.

Dengan mencari sebanyak-banyaknya informasi berupa tips-tips memilih souvenir yang tepat di
toko yang tepat, diharapkan kita tidak akan mengalami kekecewaan di masa depan.

Sumber: www.souvenir-nikahku.com

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: