jump to navigation

NATO, Sebuah Ketakutan… July 10, 2010

Posted by snhadi in Senyuman Cinta.
trackback

Akhirnya sebuah kebuntuan berakhir sudah. Setelah beberapa bulan vakum dari dunia tulis-menulis di blog (kecuali update website usaha), kesempatan itu muncul kembali. Bukan karena tidak ingin lagi, tetapi ada ketakutan yang menghantui seiring dengan waktu luang yang hampir sebagian besar dihabiskan untuk mengerjakan tugas dosen-dosen tercinta.

Dari dulu saya berusaha mengedepankan hati dalam menulis. Ada yang kurang sreg di lingkungan sekitar, segera memancing jari-jari tangan menari di atas keyboard komputer. Berusaha mengkritisi untuk sekedar menjadi masukan bagi siapapun, walaupun entah mau didengar ataupun tidak.

Menulis pada prinsipnya memang bukan perkara yang terlalu sulit. Semua pun pasti bisa asal punya kemauan. Namun sayangnya tidak semua orang mampu melaksanakan apa yang telah dia tulis menjadi bagian keseharian di kehidupannya. Sebagian orang cenderung NATO (No Action Talk Only). Banyak dari kita yang kritis terhadap kehidupan sekitar, namun kurang peka terhadap kehidupan sendiri. Kita sanggup mengkritik orang lain, namun kita tak berdaya untuk mengkritik diri sendiri. Itulah sebuah ketakutan yang nyata…

Saya jadi ingat beberapa tahun yang lalu sewaktu masih tinggal di pulau nun jauh di sana, pulau Batam. Di sebuah masjid di kawasan industri ternama di Batam, menulis memang sudah menjadi bagian dari keseharian para pemakmurnya. Dari mulai majalah dinding, sampai buletin. Namun uniknya, mereka tidak akan menulis sesuatu sebelum mereka mampu mewujudkannya di dalam kehidupan mereka sehari-hari (setidaknya itu yang keluar dari ucapan sang motor penggerak media masjid di sana). Luar Biasa! Ini yang harusnya kita contoh. Kita tidak lupa memperhatikan diri sendiri, sebelum berusaha memperbaiki orang lain.

Ya, ketakutan itu memang masih ada. Tetapi tentu bukan berarti harus memasung diri untuk tidak beraksi. Setidaknya saya berharap, tulisan menjadi bagian aksi saya untuk memperbaiki diri, syukur-syukur bisa diambil manfaatnya oleh orang lain.

Dari Jogja yang berhati nyaman

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: