jump to navigation

Negeri ini memang penuh inspirasi! September 2, 2010

Posted by snhadi in Inspirasi Persahabatan.
trackback

Kalau ada yang bilang Indonesia adalah negeri yang bodoh, saya yakin pendapat ini keliru. Kalau ada yang beranggapan Indonesia adalah negeri para pemalas, saya yakin pendapat ini juga tidak tepat. Meski mungkin banyak orang yang selalu apatis kepada negeri ini, bagi saya itu tidak masalah, toh tidak akan mengubah apa-apa. Indonesia bagi saya bukan hanya sekedar negara, tetapi menjadi negeri sumber inspirasi.

Coba kita tengok ke negeri tetangga, misalnya Singapura (maklum hanya negara ini yang baru sempat saya kunjungi), Indonesia jauh lebih memberikan inspirasi bagi saya, setidaknya bisa menjadi cermin bagi saya melangkah ke depan. Singapura memang negeri yang jauh lebih teratur dan bersih dibanding kita, tapi itu dulu, sekarang masyarakat di sana sudah mulai kehilangan “jati dirinya” ini. Maka jangan heran jika anda berkunjung ke Singapura hari ini, mungkin anda tidak akan mudah lagi melihat negeri singa yang bersih, apalagi negeri singa yang bebas para perokok di wilayah publik.

Sedangkan Indonesia, sampah sudah biasa kita lihat berserakan di mana-mana, begitu pula para perokok dengan mudah akan kita temui di jalanan ataupun di kendaraan umum. Tapi tunggu dulu, itu dulu, tapi sekarang masyarakatnya sudah mulai terinspirasi bahwa hidup kotor itu tidak sehat atau merokok di depan umum merupakan aib (meskipun baru segelintir orang yang tersadarkan). Coba kita tengok di kota Bogor, iklan rokok sama sekali dilarang di jalanan kota, apalagi sampai merokok di wilayah umum. Meskipun masih jauh dari kondisi ideal, hal ini cukup membuat hati lega. Apalagi di bulan Ramadhan ini, kelihatannya semakin sedikit sampah yang berserakan di tempat-tempat umum (?), dan mudah-mudahan akan berlanjut di bulan-bulan lainnya.

Dari sisi kehidupan sosial, Indonesia juga memberikan saya banyak inspirasi. Saat saya melihat anak kecil mendorong gerobak asongan dengan susah payah dan menawarkan barang dagangannya sampai mulut terasa berbusa, di saat yang sama saya melihat seorang anak lainnya, yang kelihatannya sehat, mengemis di dalam gerbong kereta, membuat mata saya terbuka, perbandingan kondisi ini membuat saya terinspirasi, mau jadi apakah saya di masa mendatang, orang yang bermental pekerja keras atau justru bermental pengemis.

Dan sejuta inspirasi kehidupan lainnya yang bisa saya petik dan menjadi bekal melangkah di masa mendatang. Semua itu terjadi karena saya berada di negeri ini, di Indonesia, bukan di negeri para dewa atau pun di negeri asing sana. Hal inilah yang membuat saya selalu ingin bersyukur.

Terima kasih Indonesia, terima kasih atas inspirasimu selama ini…

Comments»

1. Yhs - September 4, 2010

Semoga Indonesia Msh Bisa diselamatkan

snhadi - September 4, 2010

Insya allah masih bisa diselamatkan…


Leave a Reply

