jump to navigation

Leg ke-2 Aman, Malaysia Ketar-ketir December 29, 2010

Posted by snhadi in Inspirasi Persahabatan, Senyuman Cinta.
Tags: , , , , ,
trackback

Tak bisa disangkal atau dipungkiri, suporter Indonesia itu “nggak ada matinya”! Bahkan pelatih Filipina dan juga Alfred Riedl merasa takjub dengan “ulah” mereka untuk mendukung tim kesayangannya, tim garuda. Hebatnya lagi, mereka bisa bersatu meski berasal dari banyak kumpulan suporter fanatik, sebut saja seperti Viking (pendukung PERSIB), Jak Mania (pendukung PERSIJA), Bonek (pendukung PERSEBAYA), Aremania (pendukung AREMA), dan lain-lain yang mungkin awalnya mereka saling “bermusuhan”.

Bagi pemain sepakbola, penonton fanatik merupakan anugerah sendiri. Mereka bisa menjadi pemain ke-12 bagi tim dan bisa memberikan suntikan motivasi yang tinggi bagi kesebelasan kesayangannya. Itu juga yang sempat diungkap Riedl saat menyaksikan kesetiaan suporter Indonesia yang selalu mendukung timnya meskipun baru saja menelan kekelahan dari Malaysia di Bukit Jalil, 26 Desember lalu.

Suporter Indonesia pada dasarnya adalah suporter yang baik. Buktinya mereka dengan penuh keikhlasan merogoh kocek untuk menonton tim kesayangannya berlaga di lapangan. Mereka juga rela antri berjam-jam dan “dikerjai” panitia penyedia tiket.

Saya memprediksi laga Final Leg ke-2 nanti akan dipenuhi sesak dengan suporter Indonesia yang baik-baik ini. Saya juga yakin suporter kita mampu menjaga martabat bangsanya di mata dunia luar dengan terus saling dukung dalam menciptakan kondisi aman di laga final nanti malam. Saya yakin, meski dendam terhadap suporter Malaysia yang telah semena-mena kepada tim garuda mungkin masih ada, nanti malam dendam itu justru akan terwujud dalam bentuk yang positif, yaitu dukungan yang total dan sportif kepada tim garuda yang bertanding.

Suporterku tercinta, lupakan sinar laser dan petasan yang telah menodai laga pertama di Malaysia. Mari kita tinggalkan cara-cara kotor orang Malaysia untuk mencapai kemenangan, yang rela menyakiti tetangganya sendiri demi ambisi pribadi. Mari kita tunjukkan bahwa suporter Indonesia lebih bermartabat dibanding suporter Malaysia. Mari kita tunjukkan rasa bangga menjadi bangsa Indonesia!

Suporterku sayang, kalau kita bisa mengarahkan dendam untuk hal positif di laga final kedua nanti, maka Malaysia akan dengan sendirinya mendapatkan hukuman yang setimpal karena kecurangan suporternya! Kita yakinkan mereka akan mendapat sanksi yang berat dari AFC (persatuan sepakbola Asia). Jangan pernah ragu melangkah dengan dagu tetap terangkat karena rasa bangga menjadi suporter yang bermartabat.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: