jump to navigation

4 Langkah Mudah Buat Password Anti Jebol January 4, 2011

Posted by snhadi in Inspirasi Persahabatan.
Tags:
trackback

Sumber: www.souvenir-nikahku.com

Setidaknya 45 juta orang Indonesia saat ini sudah melek internet. Dan tidak bisa dipungkiri jumlah yang demikian besar ini bisa saja menjadi lahan menggiurkan bagi sebagian orang untuk memanfaatkan jasa internet untuk berbagai keperluan, dari mulai yang paling sederhana seperti mengirim surat elektronik (email) sampai menjual barang-barang secara online.

Namun ternyata, tak sedikit dari kita belum melindungi segala bentuk aktifitas kita diinternet dengan pengamanan yang memadai. Salah satunya adalah pengamanan menggunakan password (kata kunci). Banyak dari kita menggunakan password ala kadarnya alias dibuat dengan sembarang tanpa memperhatikan aspek kemungkinan password tersebut dapat dijebol dengan mudah oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dampaknya, tentu sang pemilik password akan mendapat banyak kerugian dari mulai kehilangan akun pribadi sampai menjadi korban penipuan atau pencurian.
Lalu bagaimana sebaiknya membuat password yang cukup kuat sehingga mampu melindungi kita dari ulah usil tangan-tangan jahil? Berikut ini saya berusaha ingin berbagi dengan anda semua.

1. Mulailah Password Dengan Frase Kata Dasar
Password yang baik biasanya selain memudahkan si pemilik dalam mengingatnya (jangan sekali-sekali password dicatat di lembar kertas atau handphone), juga cukup menyulitkan orang lain dalam mengingat atau menemukan kombinasinya. Untuk tujuan ini, password menggunakan frase kata dasar umumnya tepat.
Sebagai contoh:
• Dilarang Merokok di Tempat Umum : kita bisa menyingkat menjadi dmdtu untuk password kita.
• Selamat Menempuh Hidup Baru Semoga Bahagia : smhbsb
• Anda Untung, Saya Untung, Semua Jadi Senang : aususjs

2. Panjangkan Password Anda
Umumnya panjang password sekitar enam karakter. Namun password yang semakin panjang tentu akan semakin baik. Untuk memudahkan anda mengingat, kita bisa menggunakan password dari frase kata dasar yang sudah kita buat sebelumnya dengan menambah kata-kata tertentu, misalnya nama website atau software komputer.
Sebagai contoh:
• dmdtuWinXP
• smhbsbLinux
• aususjsPayPal

Tips berguna: password dengan panjang 15 karakter atau lebih sangat baik dan kuat karena Microsoft Windows tidak akan menyimpan password di dalam file tersembunyi ketika mereka memiliki panjang 15 karakter atau lebih.

3. Sisipkan Karakter Unik
. Jika Anda hobi mengacak-acak sesuatu, tidak ada salahnya hobi tersebut disalurkan di dalam membuat password. Anda bisa mengacak-acak password yang sebelumnya sudah dibuat dengan langkah 1 dan 2 dengan menyisipkan atau menambahkan karakter unik seperti @ atau %.
Sebagai contoh:
• dmdtuW1nXP
• smhbsbL1nux
• @ususP@yP@l

4. Ubah Password Anda Secara Reguler
Setelah password yang cukup kuat berhasil kita buat, langkah terakhir untuk menambah keamanan password kita, jadwalkan ubah password Anda secara reguler (misalnya 2 minggu sekali) meskipun komputer kita memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: