jump to navigation

Primadona Dunia Maya & Persiapan Menuju Kebebasan Finansial February 14, 2011

Posted by snhadi in Inspirasi Persahabatan.
Tags:
trackback

Sewaktu saya kecil, saya tidak pernah bermimpi akan hidup di dunia yang seterbuka seperti sekarang. Tak ada lagi sekat yang membatasi satu daerah dan daerah lainnya, atau bahkan satu negara dengan negara lainnya. Orang-orang menyebutnya globalisasi. Globalisasi membawa makna yang sangat besar di berbagai bidang kehidupan, misalnya yang baru-baru ini terjadi, mundurnya presiden Mesir Hosni Mubarak akibat tekanan rakyatnya yang telah terinspirasi kasus serupa di Tunisia.

Selain di dunia politik, di dunia ekonomi, arus globalisasi juga membawa pengaruh yang besar. Misalnya di dalam pemasaran produk, kalau dulu untuk menjual produk, si penjual harus setengah mati mencari cara supaya produknya banyak dikenal orang dan akhirnya bisa dibeli, misalnya melalui penawaran dari pintu ke pintu atau hanya sebatas memajangnya di etalase toko atau kios-kios pasar. Kalau sekarang, meski cara-cara lama ini tetap tidak ditinggalkan sepenuhnya, faktor globalisasi menyebabkan sebagian orang melakukan perubahan strategi pemasaran yang cukup besar, misalnya memanfaatkan dunia maya untuk memperkenalkan produk sekaligus menjualnya.

Tak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi internet yang semakin maju dengan jangkauannya yang luas, didukung dengan jumlah pengguna internet yang terus bertambah signifikan dari tahun ke tahun, membuat dunia maya menjadi daya pikat tersendiri bagi para pelaku bisnis. Dunia maya kini tak lagi benar-benar maya melainkan seakan menjadi nyata!

Uniknya, trend pengguna dunia maya saat ini bukan lagi monopoli kaum berdasi atau pebisnis berkantong tebal, melainkan sudah merambah ke masyarakat kecil secara luas. Trend pengguna internet juga bukan lagi hanya berkutat pada para eksekutif muda, melainkan anak-anak sekolah, remaja, bahkan manusia lanjut usia. Inilah yang membuat dunia maya menjadi semakin menarik dan menggiurkan!

Adalah wajar jika semua orang ingin kehidupannya sejahtera, bahkan tidak sedikit yang bermimpi suatu saat menjadi orang yang memiliki kebebasan financial. Kebebasan finansial yang oleh sebagian pakar diartikan sebagai suatu keadaan dimana seseorang sudah tidak perlu bekerja lagi namun masih bisa tetap menerima penghasilan yang cukup untuk menghidupinya. Sehingga walaupun ia bekerja, bukan lagi karena mengharapkan uang namun memang untuk kesenangan. Dan dalam rangka mewujudkan obsesi tersebut, dunia maya membawa angin yang menyegarkan bagi kita.

Jadi jangan heran, ketika kita berselancar di internet, kita akan menjumpai banyak orang yang memanfaatkannya dunia maya menjadi ladang mencari penghasilan. Tanpa harus bekerja keras secara fisik untuk menjalankan usahanya, mereka tetap bisa merengguk untung, bahkan mungkin keuntungan itu tetap mengalir meski mereka dalam keadaan tidur sekalipun!

Namun tentu, seperti usaha di dunia nyata, menjalani bisnis di dunia maya tidak sesederhana yang dibayangkan. Untuk bisa sukses menjadi pengusaha di dunia maya, kita harus bisa mendapatkan kepercayaan yang baik dari para pengguna internet. Kepercayaan adalah modal yang sangat penting karena tak bisa dipungkiri tidak sedikit orang yang masih merasa khawatir menjadi korban kejahatan (penipuan) jika ingin melakukan transaksi di dunia maya. Banyak orang yang masih ragu memberikan uangnya (untuk membeli produk) kepada penjual yang secara fisik tidak terlihat secara kasat mata.

Saya sebagai contoh, beberapa kali sempat tertipu melakukan bisnis di dunia maya. Tetapi itu dulu, saat saya masih kurang berpengalaman sehingga kurang awas dalam memilah-milah transaksi mana yang benar-benar aman dan terpercaya dan mana yang hanya bohongan dan bermaksud menipu.

Meskipun pernah mengalami beberapa kali kerugian, namun saya tidak berhenti dan kapok karena saya melihat potensi yang masih sangat besar yang masih bisa saya ambil dari dunia maya. Saya kemudian terjun membuat toko online yang memasarkan produk-produk kerajinan tradisional untuk souvenir. Kebetulan saya banyak memiliki kenalan pengrajin di daerah Yogyakarta dan sekitarnya, sehingga saya bisa menjual produk-produk mereka di toko online saya (koleksi produk souvenir saya bisa dilihat di www.souvenir-nikahku.com).

Untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli, saya sengaja menyewa nama domain khusus untuk toko online saya. Nama domain yang sederhana dan mudah diingat sangat memudahkan bagi saya dalam memasarkan produk-produk yang saya miliki. Dari beragam situs penyedia jasa penyewaan nama domain, saya memilih idwebhost.com sebagai partner. Selain dikenal sebagai penyedia jasa domain murah (untuk nama situs berakhiran .com, biayanya hanya Rp 89.000 per tahun) dan berpengalaman (usia idwebhost.com saat ini sudah memasuki tahun ke-7), idwebhost.com juga dikenal memiliki pelayanan yang cukup baik dan cepat. Saya tidak harus menunggu seharian untuk mengaktifkan domain situs saya, saya hanya cukup menunggu beberapa menit saja!

Yang menarik dan memang dibutuhkan bagi para usahawan dunia maya, penyedia webhosting atau webdomain yang dipilih harus memiliki server yang tangguh dan stabil. Jujur saya pernah bekerja sama dengan penyedia jasa webdomain lain (selain idwebhost.com), dan merasa kecewa karena ketidakstabilan server yang mereka miliki sehingga berakibat kepada hilangnya banyak data di website saya. Jadi memilih penyedia jasa webhosting tangguh menjadi faktor yang tidak bisa ditawar-tawar lagi bagi saya.

Saya memprediksi, jika terus bisa mempertahankan kinerjanya, idwebhost.com akan terus mendapat kepercayaan dari banyak pelaku usaha ataupun individu di dunia maya dan menjadi penyedia jasa sewa domain dan hosting Indonesia yang berkualitas. Dan saya bisa pastikan, di tahun-tahun selanjutnya saya akan tetap mempercayakan nama domain saya dikelola perusahaan ini (sebagai gambaran, kerjasama saya dengan perusahaan idwebhost.com sudah memasuki tahun ke-2).

Selain didukung oleh penyedia jasa sewa hosting dan domain yang mumpuni, untuk bisa mendapatkan banyak kepercayaan dari para pengguna internet, para pelaku usaha di dunia maya juga harus secara professional mengelola bisnisnya. Jangan biarkan calon pelanggan anda menunggu sedetikpun. Segera respon dengan baik, meski mungkin hanya sekedar tanya-tanya informasi tidak bermaksud membeli. Berikan pelayan terbaik yang anda miliki dan jangan biarkan pengunjung meninggalkan anda dengan perasaan kecewa. Selain itu, jangan mempersulit calon pelanggan untuk bertransaksi dengan kita. Misalnya tata letak produk di toko online kita yang membingungkan, keterangan-keterangan boombastis yang menjebak, dan lain-lain.

Terakhir, saya berharap trend positif di dunia maya sebagai ladang menarik dan potensial bagi dunia usaha terus bisa dipertahankan. Dan semoga kepercayaan para pelaku usaha di dunia maya (baik penjual maupun pembeli), yang sekarang sudah terpupuk baik semakin bertambah baik di tahun-tahun berikutnya.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

