jump to navigation

“Murah, Tetapi Bukan Murahan” Trend Hosting Indonesia, Kini dan Masa Depan! February 16, 2011

Posted by snhadi in Inspirasi Persahabatan.
Tags:
trackback

Kalau diadakan survei, kata apa yang paling banyak disukai masyarakat secara umum, dalam kaitannya dengan dunia jual-beli? Dengan yakin saya akan menjawab, kata “murah”, selain tentu kata “diskon”. Apalagi kalau kata murah dibarengi dengan kata “bukan murahan”, jelas akan menjadi magnet yang menarik bagi para calon pembeli.

Bagi sebagian orang, kata “murah” dan “bukan murahan” tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Percuma kalau suatu produk dilabel murah tetapi tidak berkualitas alias murahan, karena ujung-ujungnya konsumen akan merasa dirugikan, dan selanjutnya bisa ditebak produk itu tidak akan laku lagi di pasaran. Sebaliknya, produk berkualitas namun dibandrol dengan harga selangit, tentu tak banyak dari kita yang akan tertarik membelinya. Kalau sudah begini, pihak produsenlah yang akan dirugikan.

Dua sambungan kata tersebut menjadi sangat popular di ranah jual-beli, tidak hanya di dunia nyata, melainkan juga di dunia maya. Mungkin tidak berlebihan jika saya menyebut dua kata ini akan menjadi trend center bagi promosi banyak produk di masa depan!

Di dunia maya, seiring dengan meningkatnya angka melek internet pada masyarakat Indonesia, meningkat pula upaya masyarakat yang memanfaatkan dunia internet untuk banyak keperluan, tidak hanya sebatas mencari informasi, melainkan juga ajang untuk aktif di jejaring sosial (facebook, twitter, salingsapa, dll), nge-blog, jual-beli melalui toko online, dll.

Yang menarik seiring dengan banyaknya masyarakat yang memanfaatkan dunia maya untuk keperluan pribadi atau perusahaan, tidak sedikit pula yang menangkapnya sebagai peluang. Salah satunya adalah pihak yang menyediakan jasa penyewaan hosting. Karena tentu tidak bisa dipungkiri, semakin tinggi minat masyarakat beraktivitas di dunia cyber, semakin tinggi pula kebutuhan mereka untuk menyimpan data-data mereka secara digital. Sebenarnya bisa saja, masyarakat memiliki server pribadi, namun tentu tidak praktis, disamping mahal, dan rawan masalah keamanan. Jadilah banyak dari mereka memanfaatkan jasa webhosting untuk mendukung aktivitas maya mereka.

Kalau dihubungkan dengan dunia webhosting, kata “murah” dan “bukan murahan” juga dapat menjadi daya tarik yang mumpuni untuk menarik banyak pelanggan. Jadilah banyak penyedia webhosting yang melabel dirinya sebagai penyedia webhosting murah dan berkualitas. Tidak salah memang kalau mereka mengklaim demikian, namun tentu sebagai calon konsumen, kita juga jangan mudah percaya sebelum semuanya terbukti benar. Sebagai contoh saya sendiri, di tahun 2007, saya membuat blog pribadi yang berisi informasi mengenai dunia kesehatan. Selain sebagai sarana sharing informasi, blog tersebut saya jadikan sebagai ajang untuk mendapatkan uang tambahan dari iklan yang diterbitkan di blog saya. Untuk keperluan ini, saya bekerjasama dengan salah satu penyedia jasa penyewaan webdomain dan hosting. Karena tertarik dengan embel-embel “murah”, saya pun memberanikan diri bekerjasama. Namun akhirnya saya merasa kecewa karena ternyata kata “murah” tidak dibarengi kata “bukan murahan”, jadinya banyak dari data saya di blog hilang karena ketidakstabilan server yang dimiliki si penyedia jasa tersebut. Selain juga service ala kadarnya yang mereka berikan kepada saya. Sejak saat itu saya bertekad untuk lebih berhati-hati, karena ternyata masih banyak penyedia jasa webhosting yang tidak terlalu serius melakoni bisnisnya, jadinya banyak pelanggan yang merasa dirugikan dan menjadi korban.

Berkaca dari pengalaman saya ini, saya berkeyakinan trend webhosting di Indonesia, di masa kini dan depan, tetap akan didominasi dua hal, yaitu harga yang terjangkau dan kualitas yang tangguh. Penyedia jasa webhosting murah dan berkualitas akan banyak diburu oleh calon konsumen, tentu termasuk juga saya. Saya berkeyakinan, konsumen akan semakin pintar dalam memilih, dan saya yakin pilihannya akan jatuh kepada webhosting tangguh dan berkualitas namun berharga terjangkau (murah). Saya sedikit membagi informasi, di antara banyaknya penyedia jasa penyewaan webhosting yang mengklaim murah namun tidak murahan, saya yakin (berdasarkan pengalaman saya yang sudah memasuki tahun ke-2 bekerjasama, bukan seperti pengalaman buruk saya di tahun 2007), idwebhost.com bisa menjadi alternatif yang baik bagi para penyewa webhosting dan domain di Indonesia. Dan saya yakin, jika kualitas server dan servis terus ditingkatkan, penyedia jasa webhosting dan domain yang satu ini akan menjadi trend hosting dan domain di Indonesia di masa kini dan mendatang.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

