jump to navigation

IDWebhost; Menjadi Trend Center atau Follower? February 17, 2011

Posted by snhadi in Inspirasi Persahabatan.
trackback

Sebagian orang beranggapan, menjadi follower (pengikut) itu mudah. Tinggal melihat orang atau sesuatu yang ingin kita tiru, lalu lakukan hal yang sama seperti mereka. Jadi tidak butuh banyak usaha. Sebaliknya menjadi trend center dianggap sebagai pekerjaan yang sulit dan melelahkan. Kita harus memiliki atau melakukan banyak hal, dari mulai melakukan hal yang baru dan mungkin belum pernah ada sebelumnya dan secara konsisten menerapkannya, itupun belum tentu banyak orang yang mau menerima. Bahkan seringkali usaha kita mendapatkan banyak penolakan.

Tetapi benarkah demikian?

Bagi saya justru kebalikannya. Menjadi follower memang terlihat mudah di awalnya, namun setelah itu orang akan dengan cepat melupakan apa yang kita lakukan. Bahkan mungkin tidak sedikit yang akan mencibir, “Uh…dasar plagiat!” atau “Tukang niru, ke laut aja deh…!”. Kalau sudah demikian, energi kita akan habis percuma belum lagi perasaan yang kacau balau karena merasa “tidak dianggap” lagi.

Sedangkan kalau kita menjadi trend center, mungkin terlihat tidak mudah di awalnya. Namun mungkin itu hanya sebentar. Kalau orang lain sudah menerima apa yang kita upayakan tersebut, lambat laun upaya yang melelahkan di awal akan terbayar sudah dengan banyaknya keuntungan yang kita peroleh, dari mulai menjadi barometer orang dalam melakukan sesuatu, sampai mungkin mendapatkan royalti atau penghargaan bergengsi.

Dalam dunia yang serba terbuka dan penuh persaingan di segala bidang seperti saat ini, melakukan inovasi atau menemukan hal yang baru menjadi sangat penting. Apalagi kalau inovasi yang kita lakukan sampai menjadi trend center di kalangan masyarakat. Saya ingin mengambil salah satu contoh, yang saya anggap penting dikemukakan adalah perkembangan inovasi yang dilakukan para penyedia jasa penyewaan hosting dan domain di Indonesia. Dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna internet (terutama di Indonesia yang kini sudah lebih dari 45 juta orang), mau tidak mau mendorong pertumbuhan yang pesat pula di dalam penyediaan jasa penyimpanan data di dunia maya. Namun dengan semakin cerdasnya masyarakat, penyedia webhosting dan domain yang biasa-biasa saja akan cenderung ditinggalkan. Masyarakat akan mencari penyedia jasa webhosting berkualitas, terutama dilihat dari kestabilan server yang dimiliki, pelayanan yang diberikan, dan produk-produk baru yang semakin kompetitif dan bermutu. Di samping tentu masyarakat juga menginginkan webhosting dan domain dengan harga terjangkau (murah).

Kalau sudah begitu, webhosting dan domain yang akan menjadi trend center di Indonesia tidak lepas dari tiga aspek, yaitu kualitas yang mumpuni, harga yang murah, dan produk-produk baru yang terus dikembangkan. Salah satu contoh penyedia jasa penyewaan webhosting dan domain di Indonesia yang cukup sukses mengembangkan tiga aspek ini adalah Idwebhost.com yang berkantor pusat di Yogyakarta. Usianya yang kini menginjak tahun ke-7 dengan lebih dari 5000 pelanggan, membuat Idwebhost.com menjadi pilihan banyak orang. Di samping menyewakan webhosting dan domain murah, Idwebhost juga menawarkan banyak hal baru yang mungkin belum pernah dilakukan penyedia jasa sejenis, misalnya adalah membuka peluang kerjasama dengan sistem waralaba, dll.

Saya yakin, dengan terobosan-terobosan baru yang tanpa lelah terus dilakukan, akan membuat Idwebhost.com ataupun penyedia jasa penyewaan webhosting dan domain lainnya akan menangguk banyak keuntungan. Kalau sudah begitu, akan semakin banyak pundi-pundi uang yang akan masuk di kantong mereka, dan yang terpenting akan semakin banyak karyawannya yang bisa disejahterakan, selain tentu ikut mendukung upaya pemerintah membuat masyarakat Indonesia melek internet.

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: