jump to navigation

Kriteria Webhost Terbaik dalam Menuju Trend Hosting di Indonesia February 21, 2011

Posted by snhadi in Inspirasi Persahabatan.
Tags:
trackback

Pengalaman adalah guru yang terbaik” begitulah kita meyakini kebenarannya. Namun bisa jadi pengalaman justru menjadi guru yang buruk bagi kita atau mungkin tak menjadi guru sama sekali seandainya kita tak pernah mau memetik pelajaran darinya.

Di dalam mengambil keputusan apapun, kita tentu tak ingin keputusan itu akhirnya menjadi beban bagi kita atau siapapun yang ada di sekitar kita. Untuk itu segala pengalaman yang kita miliki terus digali, agar bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memutuskan yang terbaik.

Saya ingat, sekitar tahun 2007, saat gairah menulis melalui media internet semakin menggebu, saya menyewa jasa webhosting dan domain untuk mendukung maksud saya ini. Tanpa adanya bekal pengalaman sebelumnya, saya nekad menyewa dua domain sekaligus untuk blog pribadi saya. Dengan harapan, saya bisa menjadikan kedua blog saya tidak sekedar untuk sharing informasi melainkan mendapatkan profit melalui iklan-iklan yang ditampilkan di blog saya. Namun apa mau dikata, tanpa bekal pengalaman yang cukup membuat saya melakukan langkah yang kurang tepat dalam bekerjasama dengan jasa penyedia webhosting dan domain. Ujung-ujungnya banyak artikel di blog saya raib karena ketidakstabilan server yang dimiliki oleh penyedia webhosting dan domain tersebut (maaf untuk keperluan etika, saya tidak menyebutkannya di sini).

Tahun 2009, berbekal pengalaman mengecewakan di tahun 2007 dan informasi tambahan dari teman-teman di dunia maya, saya kembali menyewa domain, kali ini untuk toko online saya (www.souvenir-nikahku.com), tentu dari penyedia webhosting dan domain yang berbeda. Pertimbangan saya adalah pengalaman yang dimiliki penyedia webhosting dan domain, di samping harga yang cukup terjangkau. Saya bersyukur ternyata embel-embel webhosting berkualitas bukan omong kosong belaka. Buktinya saya tetap bekerjasama dengan perusahaan webhosting Indonesia tersebut hingga saat ini. Karenanya terima kasih saya sampaikan untuk idwebhost.com yang sudah bisa menjaga hubungan kerjasama dengan saya dengan landasan kepercayaan dan profesionalisme.

Dari kedua pengalaman berbeda di tahun berbeda tersebut, saya memetik banyak pelajaran. Mungkin pengalaman saya ini juga bisa menjadi masukan bagi rekan-rekan yang sering berselancar di dunia maya, terutama yang berkeinginan menyewa atau membeli hosting dan domain.

  1. Jangan terperangkap kepada bujuk rayu bahasa iklan, misalnya, “Webhosting dengan harga termurah!” dan kata-kata lainnya tanpa terlebih dahulu menggali informasi sebenarnya. Jangan pernah sungkan bertanya kepada orang-orang yang sudah berpengalaman di dunia maya, misalnya dengan mengajukan pertanyaan melalui forum tertentu (kaskus, blogfam, dll) mengenai track record webhost selama ini.
  2. Carilah penyedia jasa webhosting dan domain yang memiliki rasio tinggi antara kualitas dan harga. Webhost yang baik harus mampu menyediakan kualitas produk yang mumpuni namun dengan harga yang terjangkau.
  3. Webhost terbaik harus mampu menyediakan layanan panel khusus yang disediakan bagi para pelanggannya yang ingin mengedit situs yang mereka miliki. Orang-orang di dunia maya sering menyebutnya sebagai Control Panel. Control panel ini harus benar-benar fungsional dan mudah digunakan agar para pengguna bisa membuat tampilan situs yang tertata rapi dan tampak professional.
  4. Gali informasi sebanyak-banyaknya terutama mengenai kemampuan webhost untuk menjamin situs kita bisa terus uptime.
  5. Webhost berkualitas tidak akan membiarkan situs anda berjalan sangat lambat terutama saat sedang diakses (karena misalnya banyak mengandung gambar atau video). Oleh karena itu, carilah webhost yang menyediakan bandwidth dengan kapasitas cukup besar untuk mendukung situs anda agar bisa diakses lebih cepat sehingga bisa menyenangkan para pengunjungnya.
  6. Webhosting tangguh harus memiliki server yang stabil. Jika memungkinkan carilah webhost yang memiliki server tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri.
  7. Tidak sedikit webhost yang masih menomorduakan pelanggannya. Karenanya berhati-hati di dalam memilih adalah tindakan bijak. Carilah webhost yang menyediakan fasilitas pelayanan 24 jam penuh dan bisa dihubungi melalui media apapun (email, chatting, telepon, atau mungkin datang langsung ke kantornya). Selain itu carilah informasi webhost mana yang memberikan respon yang cepat terhadap permasalahan yang dialami para pelanggannya.
  8. Carilah webhost yang sudah berpengalaman atau sudah lama terjun di dunia webhost. Hal ini penting dalam upaya untuk melacak track record webhost terebut melalui testimoni para pelanggannya.
  9. Kalau memungkinkan, carilah webhost yang menyediakan fasilitas forum tersendiri. Ini penting dalam menjaga ikatan yang baik antara pelanggan dan penyedia webhosting, antara pelanggan dan pelanggan lainnya, ataupun antara pelanggan dan calon pelanggan. Selain tentu untuk lebih meningkatkan rasa percaya diri pelanggan dalam menggunakan jasa webhost karena interaksi di dalam forum dapat meminimalisir rasa kekurangpercayaan calon pelanggan kepada webhost.

Di samping sembilan kriteria penting di atas, tentu masih banyak kriteria lain yang mungkin masih bisa kita gali lebih dalam, untuk bisa dijadikan dasar tidak hanya bagi calon pelanggan di dalam menemukan jasa penyedia webhosting tangguh tetapi juga bagi webhost itu sendiri di dalam upaya mewujudkan perusahaan yang berkualitas dan terpercaya juga diharapkan menjadi trend hosting di Indonesia kini dan di masa mendatang.

Comments»

1. Windows hosting indonesia - June 6, 2011

thanks bro,
artikelnya sangat bermanfaat..
Di tunggu kunjungan baliknya ya..🙂

promo dikit yah : di jakarta webhosting ada program hosting murah mulai dari 10.000 perbulan, barangkali agan minat.🙂


Leave a Reply

