jump to navigation

Hosting dan Apa Pentingnya Bagi Kita! February 22, 2011

Posted by snhadi in Goresan Ilmu.
Tags:
trackback

Jika pertanyaan, “Pernah mendengar istilah hosting?” ditujukan kepada saya sepuluh atau lima tahun yang lalu, saya akan menjawab dengan mimik wajah yang sedikit bingung,”Hosting? Maksudnya pembawa acara di televisi ya?” Ya benar, meski saya sudah mengenal dunia maya sejak belasan tahun yang lalu, istilah hosting sama sekali belum familiar di telinga saya. Maklum karena biasanya saya menggunakan internet hanya sebatas mengecek email atau mencari-cari artikel untuk tugas kuliah.

Namun syukurlah, gagap teknologi (gaptek)saya tidak sampai berlangsung terus-menerus. Ini lantaran saya menemukan sisi lain dunia internet, yang tidak hanya bisa dijadikan sebagai bahan mencari artikel atau sekedar berkomunikasi dengan teman melalui email, melainkan juga bisa saya jadikan sebagai media untuk mengekspresikan diri bahkan lebih jauh lagi, yaitu bisa dijadikan sebagai sumber mencari penghasilan tambahan!

Nah supaya rekan-rekan di sana tidak gaptek seperti saya dulu, berikut saya berikan ulasan sedikit tentang sejauh mana pentingnya hosting di dunia internet, dan siapa-siapa saja yang “wajib” bersentuhan langsung dengan keduanya untuk bisa mendapatkan manfaat yang lebih dari dunia maya.

Istilah Hosting
Dalam bahasa sederhana saya mengibaratkan hosting itu seperti rumah penginapan. Di dalam rumah penginapan, kita akan menemukan kamar-kamar dengan ukuran-ukuran tertentu dari mulai yang kecil sampai yang besar dengan fasilitas-fasilitas yang tentu juga berbeda bergantung tingkatan harga. Tamu yang datang dengan bebas bisa memilih fasilitas mana saja. Tamu yang datang juga berhak menempati kamar-kamar tersebut dan menyimpan barang-barang pribadinya sesuai dengan kesepakatan waktu sewa antara tamu dan manajemen penginapan (yang punya penginapan).

Sama seperti rumah penginapan, hosting adalah tempat bagi penyimpanan data-data di dunia maya. Data-data tersebut disimpan di computer server yang bisa diakses siapa saja di belahan dunia manapun saat orang tersebut membuka internet. Misalnya saat kita kita mengakses situs http://www.ugm.ac.id, maka secepat kilat kita akan bisa mendapatkan beragam informasi dari halaman websiteyang tampil di komputer kita, baik berupa teks ataupun gambar, meskipun sebenarnya data-data tersebut disimpan di computer server yang mungkin kita sendiri tidak tahu dimana keberadaannya.

Pentingnya Hosting dan siapa saya yang membutuhkannya
Seperti yang sekilas sudah digambarkan sebelumnya, hosting di dunia maya memiiki peran sangat penting. Tanpa hosting, kita akan sangat kesulitan menyimpan data-data untuk keperluan website kita. Padahal data-data tersebut bisa jadi menjadi ujung tombak bagi keberlangsungan bisnis kita. Sebagai contoh bagi kita yang menjual produk secara online di internet, maka sudah barang tentu memerlukan jasa webhosting untuk menyimpan segala informasi yang berkaitan dengan produk yang kita jual. Tanpa penyedia jasa hosting, tentu kita akan sangat kerepotan, seperti layaknya di dunia nyata saat kita berdagang tetapi tidak ada tempat jualan strategis (kios pasar) yang bisa kita sewa untuk memajang barang dagangan kita.

Jadi bagi kita yang ingin berkecimpung lebih dalam di dunia maya, seperti memasarkan produk, menulis artikel, dan lain-lain “wajib” hukumnya bersentuhan dengan dunia hosting. Tidak usah khawatir, tidak semua hosting harus bayar, tidak sedikit yang memberikannya sebagai fasilitas cuma-cuma. Namun tentu, hosting yang gratis memiliki banyak kelemahan misalnya dalam hal terbatasnya kapasitas penyimpanan yang disediakan, dibandingkan dengan hosting yang sengaja disewakan oleh perusahaan webhost tertentu, misalnya Idwebhost.com.

Meskipun berbayar, tidak sedikit perusahaan webhost yang menyewakan hosting murah namun tetap berkualitas. Bahkan tidak sedikit yang memberikan banyak fasilitas bonus bagi pelanggannya. Jadi jangan ragu untuk bekerjasama jika kita memang sudah sangat memerlukannya. Namun tentu sebagai calon penyewa, kita harus hati-hati. Cermati dengan baik perusahaan jasa penyewaan hosting tersebut agar jangan sampai anda kecewa mendapatkan webhosting yang tidak professional tidak seperti keinginan anda di awal-awal bekerjasama dengan webhosting tangguh dan berkualitas.

Comments»

1. Wahyu - August 1, 2011

Terima kasih infonya
sangat berguna

Saya mau tanya nih ” bagaimana cara mengatur agar menu page pada wordpress kita tidak berurutan sesuai alfabet ?

se[erti menu pages pada web Anda
( beranda, contacts, links, free download, pojok ilmu, info modus penipuan )

2. Perkembangan Bisnis Internet dan Idwebhost.Com Sebagai Trend Hosting Indonesia 2011 | BelajarDariAhlinya.Com - April 3, 2013

[…] Hosting dan Apa Pentingnya Bagi Kita! « snhadi […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: