jump to navigation

Idwebhost.com Trend Hosting Indonesia; Tujuh Hal Yang Membuat Jatuh Hati February 23, 2011

Posted by snhadi in Inspirasi Persahabatan.
Tags:
trackback

Ketika beberapa hari yang lalu saya diundang untuk ikut lomba blog review idwebhost.com pasca perpanjangan kontrak domain saya dengan perusahaan ini, saya cukup lama berpikir untuk memutuskan mau ikut bergabung atau sekedar menjadi penonton. Karena bagi saya, menulis sebuah review terhadap hal tertentu (apalagi produk tertentu) tidak semudah seperti membalik telapak tangan. Saya harus membuat tulisan yang benar-benar objektif dan berimbang serta tidak terkesan “mencari” muka.

Sembari saya menunggu, saya iseng mengecek jumlah peserta lomba ini. Ternyata antusias masyarakat yang tinggi dalam mengikuti lomba, membuat saya harus segera menghentikan ketermanguan saya menanti ilham untuk menulis. Saya tidak mau melepaskan kesempatan langka berkompetisi dengan para blogger seluruh Indonesia, hitung-hitung mengasah kemampuan menulis.

Kini, tanpa terasa sudah tujuh artikel yang telah saya tulis untuk diikutkan di dalam lomba blog review ini. Saya berharap ini bisa menjadi persembahan saya buat idwebhost.com, “Artikel ke-7 untuk ulang tahun ke-7 idwebhost.com”.

Awal Perkenalan dengan Idwebhost.com

Mungkin sudah menjadi suratan takdir Yang Kuasa bahwa saya nantinya akan bekerjasama dengan perusahaan jasa penyewaan hosting dan domain ini. Karena saat saya membutuhkan domain bagi toko online saya yang baru diluncurkan akhir Januari 2010 (www.souvenir-nikahku.com), di antara beberapa pilihan penyedia jasa hosting dan domain, akhirnya saya memilih idwebhost.com.

Tetapi saya yakin pilihan tersebut bukanlah hal yang kebetulan bahkan beraroma judi (misalnya menghitung kancing baju ). Bagi saya yang baru akan memulai usaha kecil-kecilan dengan modal sangat terbatas, banyak hal yang harus dipikirkan. Setelah beberapa produsen kerajinan di Yogyakarta menyetujui diajak kerjasama, dan blog gratisan di blogger sudah dibuat untuk memajang produk-produk dagangan saya, nama domain menjadi fokus saya selanjutnya. Nama domain bagi toko online saya menjadi sangat penting sebagai tanda keseriusan saya mengelola usaha di dunia maya ini.

Tujuh Tawaran Idwebhost.com Membuat Jatuh Hati

1. Tidak berlebihan jika saya mengatakan bahwa faktor pertama saya menentukan bekerjasama dengan penyedia jasa penyewaan hosting dan domain adalah sejauh mana perusahaan tersebut berpengalaman di dalam dunia hosting dan domain. Bagi saya yang masih menganut faham, “Pengalaman adalah guru terbaik”, hal pertama yang paling mudah yang bisa saya lakukan adalah membuat daftar perusahaan webhosting dan domain dan mengurutkannya berdasarkan usia perusahaan. Semakin tua usia perusahaan, semakin baik pula peringkatnya. Karena bagi saya, secara logika semakin tua secara usia akan semakin banyak pengalaman yang didapatkan dan semakin dewasa pula perusahaan tersebut dalam menghadapi pelanggannya. Dan usia perusahaan yang sudah menginjak tahun ke-7 membuat saya jatuh hati pada idwebhost.com.

2. Usia suatu perusahaan webhosting memang penting, namun saya tidak bisa mengesampingkan hal yang lain yang saya nilai juga penting (setidaknya untuk saya sebagai calon pedagang kecil-kecilan), yaitu harga miring dan beragam bonus yang ditawarkan, misalnya “Webhosting murah Indonesia hanya 1000/bulan”, “Dapatkan Promo Free Domain .COM/.NET/.INFO/.BIZ”, “Promo free domain .ORG”, “Bonus Souvenir IDwebhost untuk perpanjangan kontrak”, dll.

Bagi saya harga miring dan beragam bonus menandakan bahwa perusahaan tersebut peduli pada calon pelanggannya. Apalagi sebagian besar masyarakat Indonesia masih masuk dalam jajaran masyarakat kelas menengah ke bawah. Harga hosting dan domain yang selangit justru akan menjauhkan perusahaan dari masyarakat Indonesia secara umum. Dampaknya tentu bisa ditebak, mereka tidak akan laku dan siap-siap gulung tikar alias bangkrut. Jadi harga hosting dan domain murah membuat saya jatuh hati pada idwebhost.com.

    3. Meskipun harga miring mungkin menjadi dambaan setiap orang, namun kualitas tetap menjadi faktor utama seseorang dalam membeli suatu produk. Banyak produk berharga murah akhirnya ditinggalkan karena kualitas yang tidak mumpuni. Di sinilah kembali saya jatuh hati kepada Idwebhost.com karena ternyata kualitas produk terbaik yang diiming-imingkan bukan sekedar pepesan kosong belaka. Setidaknya saya percaya bahwa idwebhost merupakan salah satu webhosting terbaik di Indonesia yang pernah ada dan saya telah membuktikannya. Sampai saat ini saya tidak merasa ada celah kekurangan dalam hal produk domain yang ditawarkan Idwebhost.com kepada saya, tidak seperti pengalaman buruk saya beberapa tahun yang lalu saat menjumpai ketidakstabilan server yang dimiliki webhost lain sehingga menjadikan ketidakstabilan nama domain saya. Akibatnya banyak data di website saya yang raib entah kemana.

    4. Dalam dunia bisnis, tidak cukup bagi suatu perusahaan hanya mengandalkan kualitas produk tanpa didukung kualitas pelayanan. Pelayanan yang buruk akan menjauhkan perusahaan dari para pelanggannya meskipun mungkin memiliki kualitas produk yang baik. Pelayanan yang baik membuat pelanggan atau calon pelanggan menjadi nyaman dan merasa istimewa.

    Berhubungan dengan masalah pelayanan dan support kepada pelanggan dan calon pelanggan ini, saya melihat Idwebhost.com sudah berusaha memberikan yang terbaik. Hal ini terbukti dengan tersedianya tiga nomor hotline dan tiga alamat chatting yang selalu dalam posisi siap memberikan support terbaiknya. Bahkan Idwebhost juga memberikan fasilitas bagi para pelanggan yang mungkin merasa pernah dikecewakan oleh tim support mereka melalui fasilitas laporkan ke management. Bagi saya support dan pelayanan yang baik menjadi nilai tambah dan membuat saya jatuh hati.

    5. Ragam produk yang ditawarkan kepada calon pelanggan membuat saya berkeyakinan bahwa perusahaan yang satu ini memang benar-benar serius dalam mengelola bisnisnya. Karena saya berkeyakinan, “Inovasi adalah kunci dan jantung bagi suatu perusahaan jika mau terus berkembang”. Tanpa inovasi pengembangan produk, perusahaan akan mundur dan lambat laun akan mati. Karena produk monoton yang ditawarkan akan membuat orang tidak banyak mendapatkan pilihan dan akhirnya menjadi jenuh dan menjauh.

    Berkaitan dengan inovasi produk ini, meskipun saya melihat Idwebhost telah cukup baik melakukannya, tetapi tetap harus konsisten melakukan upaya terobosan-terobosan baru, karena saya berkeyakinan di masa mendatang kompetisi di dunia webhosting dan domain akan semakin ketat baik di antara banyaknya perusahaan-perusahaan yang sekarang sudah ada maupun yang mungkin baru muncul di kemudian hari.

    6. Peluang kerjasama dengan pihak lain untuk mengembangkan usaha merupakan point yang baik yang bisa saya lihat dari perusahaan jasa webhosting Indonesia ini. Saya sangat concern dengan masalah ini, karena secara jujur saya melihat tidak sedikit perusahaan yang ingin sukses sendiri tanpa berkeinginan mengajak pihak lain untuk bergabung menikmati manisnya kesuksesan tersebut. Padahal kalau kita merujuk kepada data yang dirilis mediaindonesia.com, angka pengangguran di Indonesia tahun 2010 mencapai 10% atau sekitar 23 juta orang.

    Saya melihat peluang yang dibuka Idwebhost.com untuk bekerjasama dengan pihak lain melalui jasa reseller ataupun waralaba merupakan langkah yang baik dan layak ditiru oleh perusahaan-perusahaan lainnya. Dan sekali lagi ini membuat saya semakin jatuh hati.

    7. Yang terakhir meskipun bukan yang paling dikesampingkan adalah usaha perusahaan yang satu ini untuk semakin dekat dengan pelanggan dan calon pelanggannya. Melalui media khusus seperti forum dan pembukaan perwakilan di kota lain selain Yogyakarta misalnya Jakarta akan memudahkan pelanggan dan calon pelanggan berinteraksi dengan Idwebhost.com dan menggali lebih dalam mengenai produk-produk yang ditawarkan. Dan akhirnya akan menumbuhkan rasa saling percaya antarkeduanya.

    Ketujuh hal ini jika bisa dijalankan secara konsisten dan tanpa keterpaksaan, saya yakin Idwebhost.com akan semakin tumbuh besar dan mampu menjawab segala tantangan permasalahan apapun. Dan bisa jadi akan menjadi webhosting terbaik dan tangguh di Indonesia dan tidak menutup kemungkinan akan banyak perusahaan sejenis yang mengikuti. Kalau sudah begini, yakinlah keinginan menjadi trend hosting di Indonesia akan segera menjadi kenyataan.

    Comments»

    1. document management system - September 17, 2013

    You nerd tto take part in a contest foor one of the highest quality sites oon the internet.
    I most certainly will highly recommend thiks blog!


    Leave a Reply

