jump to navigation

Tips Menyiasati Hari Senin March 15, 2011

Posted by snhadi in Senyuman Cinta.
Tags:
trackback

Banyak orang menganggap hari senin adalah hari terberat. Karenanya tidak sedikit yang menyetujui ujar-ujar, “I do not like monday!”. Makanya jangan heran, kalau kita melihat di senin pagi sebagian dari kita memulai aktifitas dengan malas dan penuh beban, padahal masih ada tujuh atau delapan jam lagi di hari senin yang juga harus kita hadapi.

Tetapi jangan khawatir kita tak perlu setakut itu menghadapi hari senin apalagi sampai menjadikannya seperti mimpi buruk. Kita bisa menyiasati agar hari senin menjadi hari yang sedikit lebih santai.

  1. Hindari aktifitas berlebihan di hari minggu, terutama minggu sore dan malam. Cukupkan liburan hanya di hari sabtu sampai minggu siang, dan biarkan tubuh beristirahat di minggu sore dan malam dengan tidur atau bersantai di rumah. Dengan cukup istirahat di hari minggu, tubuh akan jauh lebih siap menjalani aktifitas di keesokan harinya (senin).
  2. Persiapkan mental bekerja sejak minggu malam. Sebelum tidur, rencanakan kegiatan yang mungkin akan kita lakukan di hari senin. Tetapi ingat, jangan sampai ini justru mengganggu pikiran dan waktu istirahat kita. Jangan lupa berdoa dan pasrahkan pada Allah SWT semoga rencana tersebut bisa terlaksana dengan baik. Kalau kita sudah memiliki rencana yang baik jauh-jauh waktu, diharapkan tekanan pekerjaan di hari senin akan jauh berkurang.
  3. Senin pagi, sebelum berangkat bekerja, yakinkan diri kita bahwa kita siap menjalani hari ini. Sugestikan ke dalam pikiran kita, tak ada perbedaan antara hari senin dan hari-hari lainnya. Pencitraan positif akan mendorong alam bawah sadar kita merealisasikannya dalam dunia nyata.
  4. Sesekali kenakan pakaian yang membuat kita merasa nyaman. Misalnya mengenakan kemeja batik dengan corak santai di hari senin meskipun mungkin orang lain menganggapnya aneh.
  5. Berusahalah tersenyum dan menyapa ramah orang-orang di sekitar kita. Biarkan energi positif kita menjalar seluas-luasnya agar orang-orang di sekitar kita ikut merasakan kenyamanannya.
  6. Jangan lupakan rasa syukur kita kepada Allah SWT karena kita telah dipertemukan dengan hari senin di mana tenaga dan pikiran kita akan dibutuhkan orang lain.

Saya yakin jika kita bisa mengaplikasikan tips-tips di atas, hari senin anda tidak lagi menjadi momok yang menakutkan, bahkan mungkin sebaliknya menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu.

 

Sumber: Pengalaman pribadi penulis.

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: