jump to navigation

Perbedaan Menghasilkan Keindahan July 25, 2011

Posted by snhadi in Inspirasi Persahabatan.
Tags:
trackback

Andai saja Tuhan tidak mengkaruniai perbedaan, niscaya tak akan ada kehidupan yang bisa seharmonis seperti saat ini.  Siang hari yang terik tentu sangat berbeda dengan malam yang gelap dan seringkali dingin, namun justru itu membuat penghuni bumi bisa merasakan nikmatnya bekerja di siang hari dan nyamannya beristirahat di malam hari.

                Andai saja Tuhan tidak menciptakan batu bersifat keras dan semen yang lembut ketika bercampur air, tentu manusia akan sengsara. Karena bisa jadi kita akan selamanya tinggal di goa-goa di kegelapan hutan, bukan di rumah-rumah dengan tembok yang kokoh dan membuat kita merasa aman di dalamnya. Begitu pula andai Tuhan menciptakan batu yang keras dan adonan semen yang lembut tidak dapat bersatu, niscaya kita tak akan pernah menikmati berjalan di atas jalan aspal tanpa harus takut terluka karena tajamnya akar pohon seperti di jalanan setapak hutan belantara.

                Dan andai saja manusia diciptakan tanpa perbedaan karakter dan ciri khas, tentu kita tak akan bisa menikmati indahnya berkompetisi sehat dengan orang lain atau mendengar pendapat yang berbeda dari orang lain untuk perbaikan diri kita di masa mendatang, niscaya kita akan menjadi makluk yang kerdil, dengan pemikiran yang tumpul.

                Dan andai saja perbedaan yang dimiliki manusia diciptakan untuk sulit bersatu, niscaya akan banyak ketidakharmonisan yang tercipta, dan bisa jadi akan timbul perang di mana-mana tiap detik seiring tarikan nafas kita, kalau sudah begitu ketentraman dan kenyamanan yang menjadi cita-cita kita akan musnah ditelan badai permusuhan. Untungnya Tuhan Maha Adil, menciptakan perbedaan tetapi tetap bisa diharmoniskan, seperti Tuhan menciptakan batu kerikil yang keras dan adonan semen+air yang lembut yang dapat bersatu menjadi bangunan yang kokoh.

                Saudaraku, Tuhan memang begitu adil sampai-sampai di balik perbedaan yang kita miliki ada sifat-sifat yang bisa menyatukan kita melangkah seiring sejalan. Sifat menghormati orang lain, sifat mencintai orang lain layaknya mencintai diri sendiri, sifat empati, dan masih banyak sifat penyatu segala perbedaan. Dan itulah karunia Alloh SWT yang patut kita syukuri. Karenanya, ayo kita satukan tekad untuk berjuang bersama agar perbedaan di antara kita menjadi rahmat bukan malah sebaliknya menjadi bencana.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: