jump to navigation

UGM nge-PIT! UGM Bersepeda! September 16, 2011

Posted by snhadi in Senyuman Cinta.
trackback

19 Agustus 2011, saya kembali menginjakkan kaki di Yogyakarta, tepatnya kampus UGM. Saat itu ada kebijakan baru yang dibuat rektor UGM, “Mahasiswa baru UGM angkatan 2011/2012 dihimbau tidak menggunakan kendaraan bermotor untuk mobilitas di kampus“.

Saya cukup surprise dengan kebijakan ini. Apalagi keputusan ini terbilang tidak main-main. Bayangkan kebijakan sang rektor ini tertuang dalam surat resmi yang tidak hanya diedarkan kesemua civitas UGM, namun juga diinformasikan ke jajaran pemerintahan Yogyakarta, termasuk gubernur, bupati, dan walikota. Bahkan kepada desa pun diberi tembusan surat ini.

Tidak sampai itu saja, rektor UGM mengeluarkan keputusan untuk tidak menyediakan parkir kendaraan bermotor bagi mahasiswa baru, menghentikan penerbitan KIK (Kartu Identitas Kendaraan) sehingga kendaraan tak ber-KIK otomatis sulit masuk kawasan UGM atau minimal sulit untuk mendapatkan lahan parkir, menyediakan halte-halte yang berisi deretan sepeda yang bebas dipakai mahasiswa UGM untuk mobilitas di wilayah kampus, menyiapkan jalan khusus bagi pengendara sepeda, dan lain-lain.

Awalnya saya tidak terlalu yakin kebijakan ini akan berjalan efektif dan mampu mengurangi volume kendaraan di jalanan Jogja. Namun terakhir kali saya ke Jogja, 13 September lalu, ternyata sedikit demi sedikit kebijakan ini mulai menunjukkan hasil yang positif, mulai tampak rombongan sepeda yang dikayuh para mahasiswa di lingkungan kampus dan jalanan sekitar UGM. Padahal sebelumnya, mahasiswa yang mengayuh sepeda, sangat jarang bisa ditemui di kampus UGM, apalagi di jalanan kota.

Saya berharap, kebijakan ini bisa didukung semua pihak terutama para pengemudi kendaraan bermotor. Mudah-mudahan mereka semakin bisa menghormati para pengendara sepeda sehingga bisa lebih memiliki rasa aman berada di jalanan kota Jogja. Dan mudah-mudahan lambat laun kebijakan ini juga diikuti oleh kalangan pemerintahan di wilayah Jogja, sehingga jalanan Jogja kembali dipenuhi dengan sepeda, tidak seperti saat ini yang masih dikuasai pengendara kendaraan bermotor.

Ayo kita kembali dengungkan semboyan, “SEGO SEGAWE = Sepeda Kanggo Sekolah Lan Nyambut Gawe = Sepeda untuk Sekolah dan Bekerja” atau “UGM nge-PIT = UGM bersepeda” agar rakyat kita bisa lebih sehat di masa mendatang!

Comments»

1. Gardu Kang Joyo - October 19, 2011

Saya juga jadi kecanduan nyepeda nih… padahal angkatan tua di UGM…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: