jump to navigation

Sebenarnya ini Karunia atau Masalah sih? December 1, 2011

Posted by snhadi in Goresan Ilmu.
Tags:
trackback

Sebuah pertanyaan menggelitik diutarakan ustad Yusuf Mansur, Rabu pagi, 30 Desember 2011 saat member kuliah pagi di ANTV. Pertanyaan yang membuat saya tertegun. “Menurut Anda apa itu MASALAH dan apa itu KARUNIA?”

Bagi saya dan mungkin sebagian dari kita, yang dinamakan MASALAH itu: Kalau kita punya hutang, kalau kita usahanya bangkrut, kalau kita ditipu orang, kalau kita belum punya kerjaan, dan sejuta kalau-kalau yang lain, yang intinya sesuatu yang buruk yang menimpa kita itu kita sebut MASALAH.

Sementara KARUNIA itu: Kalau kita punya rumah mewah, harta berlimpah, jabatan tinggi, kalau kita dihormati orang, kalau kita diidolakan orang, dan kalau-kalau lainnya yang sejenis. Pokoknya kita mengartikan KARUNIA itu sesuatu kebaikan atau rejeki yang kita terima atau miliki.

Tetapi menurut dai muda yang selalu tampil santai ini, semua yang kita sebutkan belum tentu benar. Bisa jadi kebalikannya. Yang namanya MASALAH bisa juga meskipun kita memiliki harta berlimpah, jabatan tinggi, istri yang cantik (yang selama ini kita nilai sebagai KARUNIA), namun itu justru tidak membuat kita lebih bersyukur kepada Alloh SWT, malah membuat kita menjadi pribadi yang sombong dan merendahkan orang lain, serta ujung-ujungnya membuat kita terlena. Sedangkan KARUNIA itu bisa juga ketika kehidupan kita morat-marit, pekerjaan tidak ada (bangkrut), hutang menumpuk, direndahkan orang lain, dll membuat kita akhirnya MENDEKAT kepada Alloh SWT, membuat kita kembali ingat Zat Yang Maha Perkasa dan Pemilik Seluruh Alam ini.

Wah, benar juga ya apa yang diungkap ustad Yusuf Mansur ini. Sungguh Alloh SWT tidak dzolim terhadap hamba-Nya. Saat kita mulai terlena dengan kehidupan keduniawian yang berlimpah, Alloh SWT mengingatkan kita, bisa dalam bentuk hilangnya harta atau pekerjaan, yang membuat kita akhirnya kembali ingat kepada-Nya. Alloh tidak mungkin membiarkan kita terus terlena dalam keburukan. Karena sesungguhnya Alloh itu Maha Pencemburu. Alloh SWT cemburu saat hamba-Nya lebih asyik nonton sinetron/gossip dibanding pergi ke masjid ketika mendengar suara adzan. Alloh SWT cemburu ketika hamba-Nya rela begadang demi menonton pertandingan sepakbola dibanding bangun malam untuk sholat tahajud.

Sungguh pelajaran yang sangat berharga yang saya petik di pagi hari kemarin. Semoga ini membuat saya bisa menjadi lebih baik lagi di masa mendatang. Momentum bulan hijriyah ini semoga bisa membuat saya berhijrah dari keburukan menuju kebaikan. Aamiin.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: