jump to navigation

Rp 1000 Menjadi Rp 1, Kenapa TIDAK?! December 1, 2012

Posted by snhadi in Goresan Ilmu.
Tags: ,
trackback

Rp 100 Setelah Redenominasi (Majalahpeluangbisnis.com)

Saat saya mensejajarkan uang rupiah kita dengan uang negara lain, saya seringkali bertanya, “Uang kertas kita kok angka NOL-nya banyak banget ya…!” Apalagi saat saya sesekali ke money changer untuk melihat kurs mata uang, “Wah uang rupiah keliatan RENDAH BANGET NILAINYA! 1 Dollar US saja nilainya hampir 10.000. Bahkan dengan uang negara tetangga Malaysia pun kita dibuat minder, 1 Ringgit Malaysia = 3000 rupiah!”.

Saya kemudian membayangkan seandainya redenominasi rupiah jadi dilakukan, misalnya Rp 1000 disederhanakan menjadi Rp 1 (tanpa mengurangi nilainya), rasa minder saya terhadap nilai tukar rupiah, saya yakin bakalan sirna. Bayangkan 1 Dollar US kini HANYA 10 rupiah. 1 Ringgit Malaysia CUMA 3 rupiah! Wow ini yang saya tunggu-tunggu sejak dulu.

Selain meningkatkan rasa PEDE sebagai bangsa terhadap nilai uang kertasnya, redenominasi rupiah saya yakin banyak manfaatnya. Misalnya untuk perhitungan anggaran, tidak akan ada lagi angka NOL yang berderet terlalu panjang sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan (baik yang tidak disengaja ataupun disengaja).

Meski banyak orang mengkhawatirkan rencana yang diambil pemerintah ini, saya tetap optimis, dalam waktu tidak terlalu lama, kita bisa menghadirkan uang kertas yang lebih membuat harkat dan martabat bangsa terangkat. Apalagi redenominasi rupiah yang diajukan pemerintah dibarengi dengan redenominasi harga-harga sehingga menyesuaikan dengan nilai rupiah yang baru, maka kenaikan inflasi tinggi yang mungkin muncul bisa diminimalisir.

Ayo kementerian keuangan, segera sosialisasikan Rp 1000 menjadi Rp 1! Ayo DPR jangan halangi lahirnya UU tentang redenominasi rupiah karena masyarakat sudah lama menunggu kapan kita memiliki uang rupiah yang nilainya sejajar dengan nilai uang negara-negara lain!

Kalau ini sudah terlaksana, tinggal satu lagi mimpi saya, kita kembali ke sistem keuangan yang adil, menjadikan uang emas (dinar) dan perak (dirham) sebagai alat tukar di negeri ini atau setidaknya uang kertas kita diback-up dengan emas agar lebih aman dari inflasi! Semoga…

Comments»

1. nanda - February 4, 2013

ini yang saya dambakan seja tahun 98,,
kenapa kita harus di pengaruhi dolar,,,sebenarnya kita yg harus menentukah dolar itu berapa harganya,,,,

salam
Nanda


Leave a Reply

