jump to navigation

Si Kecil yang Penuh Makna January 13, 2013

Posted by snhadi in Senyuman Cinta.
Tags:
trackback

Si Kecil PipitDalam sebuah kesempatan liburan bersama isteri di Bintan, saat santap pagi di sebuah restoran, saya dan isteri mendapati sekelompok burung pipit yang saling bekerja sama membersihkan sisa-sisa makanan di meja restoran yang sudah ditinggalkan para tamu. Hanya dalam sekejap, sisa makanan di meja tamu yang belum sempat dibersihkan pelayan sudah tak ada lagi.

Lalu apa pentingnya kerja sekelompok burung pipit ini sehingga perlu diabadikan dalam blog ini?

Bagi kami, setidaknya ada beberapa pelajaran yang bisa diambil dari pekerjaan suka rela para burung pipit ini. Yang pertama mereka bekerja penuh inisiatif tanpa harus diperintah terlebih dahulu. Meski mereka hanya melakukan pekerjaan “kecil”, mereka tanpa ragu berinisiatif memulai. Coba bayangkan jika kita juga mampu melakukan inisiatif yang sama, contoh sederhananya misalnya tidak membuang sampah makanan bekas kita sembarangan di jalan sehingga mampu meringankan beban bapak/ibu petugas kebersihan.

Pelajaran lainnya, dengan bekerjasama pekerjaan seberat apapun akan berakhir baik dalam waktu singkat. Masing-masing kita bisa menghargai peran yang lainnya, sekecil apapun itu, sehingga pekerjaan tim secara keseluruhan akan mampu berjalan dengan baik. Jika seorang pimpinan bisa menghargai hasil kerja anak buahnya meskipun misalnya hanya seorang cleaning service, tentu akan membuat anak buahnya tersebut merasa dimanusiakan. Ujung-ujungnya mereka akan tambah bersemangat dalam bekerja dan mampu menunjukkan kinerja terbaiknya.

Pelajaran terakhir, kelompok burung pipit ini tanpa bosan melakukan pekerjaan yang sama berulang. Mereka tidak merasa jemu, meski mungkin seringkali mendapatkan perlakuan yang kurang baik, misalnya diusir pergi karena dianggap mengganggu kenyamanan pengunjung. Sama sekali tidak ada rasa dendam di hati. Karena tentu mereka melakukan pekerjaan tersebut secara ikhlas dalam rangka untuk menjaga kelangsungan hidup mereka bersama keluarganya.

Jika kita mampu melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan sekelompok burung pipit ini, tentu akan sangat luar biasa. Sekecil atau serendah apapun pekerjaan yang kita lakukan di mata orang lain, yang terpenting kita melakukannya dengan usaha terbaik yang kita miliki.

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: