jump to navigation

1001 Cara Menjadi Penguasa di Negeri Ini February 21, 2013

Posted by snhadi in Kursi Patah.
trackback

pilkada_jabarDi negeri ini menjadi pemimpin tidaklah sulit-sulit amat. Banyak cara yang bisa ditempuh bagi kita yang berminat menduduki posisi tersebut. Dari mulai cara yang benar sampai cara yang dibenar-benarkan sepihak.

Lihat saja di media massa baik koran ataupun televisi, tingkah polah dan beragam cara dilakukan oleh calon pemimpin negeri ini baik untuk tingkat daerah ataupun tingkat pusat. Tidak jarang mereka mencitrakan diri sendiri dengan beragam peran. Ada yang mencitrakan diri sebagai orang yang kuat dan tegas. Ada pula yang mencitrakan diri sebagai pemimpin yang merakyat dengan seringnya terjun langsung ke masyarakat. Ada pula yang mencitrakan diri berani dan peduli. Bahkan ada pula yang mencitrakan diri sebagai orang yang selalu teraniaya.

Dari koridor hukum memang hal tersebut tidak menyalahi aturan. Bahkan dari sisi agamapun kita tidak bisa memberikan tanggapan benar atau salah karena niat di dalam diri calon-calon pemimpin ini hanya dirinya dan Tuhan yang tahu. Bisa saja niatnya benar-benar murni dan tidak sengaja tercitrakan sebagai orang yang baik, tapi juga bisa sebaliknya, ada udang di balik batu.pilkada-jabar-calon121109b

Yang menurut saya tidak pas adalah ketika calon pemimpin tersebut menempuh cara tidak elegan, seperti mereka tidak memfokuskan kepada keunggulan visi dan misinya sendiri melainkan justru lebih menyoroti kejelekan dan keburukan lawannya.

Kalau seandainya data yang digunakan itu valid dan berasal dari sumber yang benar, itu masih bisa dimaklumi bahkan bisa dianggap sebagai kritik yang membangun bagi sang lawan. Tetapi jika kemudian mereka justru menggunakan data yang tidak valid dan salah dalam menyerang lawannya, ini justru akan menjadi bumerang bagi dirinya sendiri. Ini mengindikasikan bahwa calon pemimpin seperti ini dan tim suksesnya bekerja asal-asalan dan tidak bisa dipercaya.

Bagi saya ini adalaha fakta, ada calon pemimpin yang menempuh cara-cara seperti ini. Yang paling tampak jelas adalah di beberapa kesempatan debat calon gubernur, yang paling  gres saat ini adalah pemilukada Jawa Barat. Ada pasangan yang di setiap kesempatan terkesan hebat dengan menampilkan data-data yang bisa dipercaya untuk menyerang pasangan kandidat lain. Tetapi ternyata data-data yang digunakan tidak valid alias ngawur! Apa jadinya jika rakyat sampai memilih pemimpin yang seperti ini?

Masih di Pemilukada Jabar, ada juga calon yang ketika ada yang mengungkap tentang keberhasilan Pemerintah Provinsi JABAR, dengan bangga mengatakan, “Kami ikut turut serta dalam mencapai ini”, tetapi ketika yang diungkap justru kelemahan2 Jabar, dengan lantang pula berkata, “Semua yang paling berperan adalah GUBERNURNYA. Saya dan cawagub saya tidak punya kewenangan tentang itu”.

Padahal mereka sudah lima tahun bersama di pemerintahan JABAR. Kalau merasa tidak punya wewenang, ngapain 5 tahun terus berada di pemerintahan JABAR. Kenapa tidak MUNDUR saja seperti yang dilakukan DICKY CHANDRA ketika bersebrangan dengan Bupati Garut.

Deddy-Cawagub-dicky candra jabar garut

Saya sungguh sangat menyayangkan, jika rakyat JABAR sampai memilih pemimpin seperti ini. Contoh calon pemimpin macam apa, yang ketika senang saja merasa ikut bagian, tetapi saat susah malah melempar TANGGUNG JAWAB kepada orang lain.

Saya berharap, meski calon pemimpin negeri ini mengeluarkan 1001 cara untuk berkuasa, rakyat pun sama punya 1001 cara menolak mereka jika memang mereka tidak layak menjadi pemimpin negeri ini. Jika ada yang terbaik, maka pilihlah yang terbaik dari yang baik. Namun jika semuanya jelek, pilihlah yang paling sedikit kejelekannya.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: