jump to navigation

Sebuah Catatan Manis Pelatihan Bioteknologi UNSOED June 13, 2013

Posted by snhadi in Goresan Ilmu.
Tags:
trackback

Pelatihan Teknik Bioteknologi

Benar kata pepatah, “Gagal mempersiapkan = mempersiapkan kegagalan”. Banyak dari kita gagal mencapai harapan atau targat lantaran menyepelekan persiapan.

Hal itu yang kemudian saya wanti-wanti dalam diri saya saat beberapa orang mengajak saya bergabung dalam sebuah kepanitiaan kegiatan pelatihan di kampus. Meskipun acara pelatihan yang akan di selenggarakan bukan ajang mencari untung secara finansial, bahkan untung secara penilaian akademik, tetapi lebih dari upaya pengabdian pada masyarakat, kami tidak boleh asal-asalan mempersiapkannya. 

Untungnya semua anggota panitia memiliki visi yang sama, berusaha melakukan yang terbaik, masalah hasil itu urusan nanti. Melakukan persiapan seoptimal mungkin, bahkan sejak jauh-jauh hari. Mereka dengan segenap semangat yang dimiliki bekerja di laboratorium dari pagi sampai malam, bahkan hari libur pun mereka berkomitmen untuk terus berkarya, menyiapkan segala macam hal untuk menyambut kegiatan pelatihan, dari mulai menyiapkan modul pelatihan, memastikan prosedur praktik bisa dijalankan di laboratorium, menyiapkan alat dan bahan untuk praktik, menyiapkan bahan presentasi, bahkan sampai menyiapkan konsumsi bagi para peserta pun mereka pikirkan. Mereka rela menomor-duakan keluarga!

Tidak sedikit dari anggota tim pada awalnya menyangsikan kita mampu menggelar acara pelatihan yang lingkupnya cukup besar ini. Bahkan sebagian anggota pesimis undangan yang disebar akan menuai respon positif dari calon peserta. Namun segala pikiran negatif itu hilang dengan sendirinya ketika kita kembali meluruskan niat. Bahkan ketika beberapa hari menjelang hari-H jumlah peserta masih di kisaran 7-8 orang (dari target maksimal 20 orang), tak menyurutkan langkah kita untuk tetap akan menyelenggarakan acara tersebut. Bahkan jika pesertanya hanya satu orang sekalipun!

Syukur alhamdulillah, segenap upaya persiapan yang dilakukan menuai hasil yang luar biasa. Jumlah peserta menembus angka 22 orang (dari 23 orang yang mendaftar)! Bahkan kami cukup terkejut, sebagian peserta bukan berdomisili di Purwokerto (ada yang dari Bogor, Subang, Yogyakarta, Pekalongan, dan Banjarnegara). Latar belakang peserta pun beragam dari mulai guru, mahasiswa, staf laboratorium, dosen, peneliti, sampai karyawan swasta. Apresiasi dan ucapan terima kasih saya sampaikan kepada para peserta yang sudah jauh-jauh datang ke kampus kami, UNSOED, demi mengikuti Pelatihan Teknik-Teknik Dasar Bioteknologi yang kami selenggarakan.

Pelatihan Teknik Bioteknologi2

Sebagai panitia, antusiasme peserta yang tinggi adalah kepuasan tersendiri. Menambah semangat kami untuk mempersembahkan yang terbaik. Dengan sedikit keterampilan yang dimiliki, kami berusaha berbagi. Alhamdulillah dari 7 topik utama pelatihan (Isolasi DNA kromosom dan plasmid, analisis kualitas dan kuantitas DNA, Polymerase Chain Reaction, Pemotongan DNA dengan Enzim Restriksi, Desain primer, marka molekuler, dan analisis kekerabatan dengan pohon filogenetik) ditambah 3 topik tambahan (keamanan dan keselamatan kerja di laboratorium, praktik pemipetan dengan micropippette, dan hitungan dasar kimia), semua bisa tersampaikan dengan baik dengan hasil yang cukup menggembirakan (meskipun sebagian besar peserta baru pertama kali melakukan praktik laboratorium tersebut).

Pelatihan Teknik Bioteknologi3

Respon peserta di akhir acara, terutama yang menginginkan adanya pelatihan lanjutan, bahkan mereka meminta untuk diundang kembali, menambah lega hati panitia. Persiapan yang optimal ternyata menghasilkan hasil yang optimal pula. Itu nilai yang bisa kita ambil bersama.

Pelatihan Bioteknologi Unsoed

Sebagai pribadi, saya bersyukur bisa menjadi bagian dari panitia, menjadi anggota dari orang-orang yang berdedikasi luar biasa. Salut dan terima kasih untuk semuanya (Ir. Suprayogi, MSc., Ph.D, Dr. Ir. Noor Farid, MSi., Prita Sari Dewi, SP, MSc., Ph.D, Dyah Susanti, SP, MP., Eko Binnaryo Mei Adi, SP., MP., Priyatiningsih, SP., dan Amrih Susetiyo)!

Advertisements

Comments»

1. Ikhsan Khasani - September 26, 2013

Saya Ikhsan, Peneliti KKP (Alumni Biologi Unsoed 92). Mohon kalau ada pelatihan serupa atau lanjutan saya bisa dicontact. Terima kasih.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: