jump to navigation

Sersan 16 dalam Kenangan November 28, 2013

Posted by snhadi in Inspirasi Persahabatan, Senyuman Cinta.
trackback

Lama sekali rasanya tidak meng-update blog ini. Sebenarnya ada beberapa bahan yang ingin dituangkan dalam tulisan, namun apa daya, waktu bergulir begitu cepat dengan rutinitas yang cukup menyita.

Kali ini saya ingin berbagi tentang pengalaman saya bergabung dalam sebuah kelas pendidikan dan pelatihan (diklat) prajabatan yang sebagian besar pesertanya adalah pendidik (dosen) di perguruan tinggi Indonesia. Sebagiannya lagi adalah perawat dan dokter di rumah sakit pendidikan.

Kami berempat puluh masuk dalam angkatan 16, dengan periode prajabatan 3-26 November 2013. Uniknya meskipun anggota kelas kami sebagian besar adalah pendidik, mereka tidak sungkan berbaur dan menikmati suasana kelas. Tidak terlihat ada yang “jaim” (jaga image). Kami bisa mengubah mind set bahwa saat ini kami bukanlah dosen melainkan “mahasiswa”.

Diklat prajabatan yang menurut sebagian orang sangat membosankan, tetapi bagi kami justru menjadi ajang saling cerita dan berbagi. Meskipun tidak bisa dipungkiri ada kalanya rasa rindu akan keluarga di rumah datang melanda, tetapi itu tidak sampai mengganggu kami menjalani hari-hari.

Keseharian diklat yang dirancang agar kami menjadi pribadi disiplin dan teratur, tidak membuat kami terbebani. Dua belas buku modul pun bukan halangan yang berarti. Kami tetap bisa menjalani dengan santai dan gembira, seperti moto kelas kami: Kelas hangat terbuka, serius tapi santai!

Berada dalam kelas yang dipenuhi orang-orang hebat, lulusan dalam dan luar negeri, ternyata bisa menjadi modal yang mumpuni membentuk tim yang solid dan hebat di kelas. Awalnya secara pribadi saya berpikir, pribadi-pribadi yang hebat ini bakal susah disatukan dalam satu tim. Tetapi ternyata dugaan saya salah, mereka bisa menjadi satu tim kelas yang saling mengisi, saling menguatkan, tidak saling menghakimi, atau tidak saling mau menang sendiri. Ini terbukti kelas kami (angkatan 16) menjadi kelas terbaik di antara kelas (angkatan lainnya). Kelas kami bisa menghasilkan 5 orang peserta terbaik, sementara kelas lain hanya 1 atau 2 orang peserta.

Keunikan lainnya dari kelas kami, setiap detik momen yang dilewati hampir tidak pernah luput dari rekaman kamera-kamera kami. Bisa dimaklumi jika kemudian dalam waktu 24 hari kami bisa mengumpulkan 3000 lebih foto dan belasan video singkat, dengan kapasitas total 12 giga byte!

Foto dan video yang kami miliki suatu saat akan menjadi kenangan yang sangat berarti dan menjadi bukti bahwa kami pernah bersama dalam sebuah kehangatan kelas, di mana hati-hati kami saling terpatri.

 

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: