jump to navigation

Klaim JHT Jamsostek Untuk CPNS December 27, 2013

Posted by snhadi in Goresan Ilmu.
Tags:
trackback

JAMSOSTEK - BPJSBeberapa hari lalu saya kembali mengambil piutang saya di JAMSOSTEK. Mumpung PT JAMSOSTEK belum berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Nilai yang diklaim juga lumayan bisa buat nambah uang muka rumah.

Sebenarnya kalau dihitung dari awal keanggotaan saya di JAMSOSTEK, belum genap 2 tahun jangka keanggotaannya (Nov 2011 – Mar 2013). Namun karena di tahun 2013 saya diterima menjadi CPNS, jadi saya bisa klaim Jaminan Hari Tua (JHT) saya. Asyiik…!

Sebelumnya di blog yang sama, saya juga pernah menulis pengalaman saya klaim JHT. Namun saat itu memang keanggotaan saya sudah 5 tahun (2005-2011). Setelah berhasil diklaim, saya didaftarkan kembali oleh perusahaan “baru” saya ke JAMSOSTEK pada Nov 2011. Tapi berhubung akhir 2012 saya dapat SK CPNS, saya jadi mengklaim lagi JHT saya.

Saya mengklaim JHT di JAMSOSTEK Cabang Purwokerto (tempat saya di tempatkan jadi CPNS). Sementara tempat saya kerja dulu di Batam, dan tempat tinggal sesuai KTP di Bekasi. Yang membedakan klaim JHT dulu dan sekarang adalah status CPNS. Pada status CPNS ini syarat2 untuk klaim JHT sbb:

  1. Asli Kartu Anggota JAMSOSTEK
  2. Mengisi formulir yang disediakan
  3. Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga
  4. Surat Domisili/Keterangan tinggal dari kelurahan setempat, jika alamat KTP tidak sama dengan alamat cabang JAMSOSTEK tempat kita meng-klaim JHT.
  5. Fotokopi Surat Keterangan Kerja dari perusahaan lama
  6. Fotokopi SK CPNS dan Surat Keterangan Melaksanakan Tugas
  7. Fotokopi AKTA Kelahiran

Selain fotokopian yang kita siapkan, kita juga diwajibkan menunjukkan aslinya (KTP, KK, SK CPNS, Surat Ket.Kerja, Akta Kelahiran). Semua itu kita tunjukkan pada Customer Service JAMSOSTEK.

Setelah dilakukan pengecekkan, kita nanti difoto. Setelah itu tinggal menunggu dipanggil untuk pencairan dana (Tips dari saya, minta pembayaran cash saja, supaya lebih cepat). Tidak sampai 1 jam kemudian, nama saya dipanggil dan diminta menandatangani kwitansi pengambilan di atas materai (materai kita siapkan sendiri). Setelah itu…segepok uangpun berpindah tangan. Alhamdulillah.

Saya berharap ketika nanti PT JAMSOSTEK berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan, kualitas pelayanan yang diberikan tetap tidak berubah, malah justru harus tambah baik. Terima kasih PT JAMSOSTEK Cabang Purwokerto atas kenyamanan pelayanannya terutama untuk tontonan discovery chanel, minuman, dan akses wifi gratisnya. Membuat saya tidak cepat merasa bosan menunggu.

Selamat Bertransformasi PT JAMSOSTEK (Persero) Menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan!

Comments»

1. abuzar - January 26, 2014

Nice info gan.. Btw diterima jd PNS di instansi apa gan?


Leave a Reply

