jump to navigation

Tak Ada Tempat Untuk NARKOBA! February 17, 2015

Posted by snhadi in Kursi Patah.
Tags: , , , ,
trackback

“Jutaan warga Australia merasa sangat, sangat marah tentang apa yang akan segera terjadi pada dua warga Australia di Indonesia,” (Tony Abbott, PM Australia)

Sebaris kalimat yang mengisyaratkan dangkalnya pemikiran pemimpin Australia. Australia memang negara besar, namun tentu tak berhak mencampuri urusan dalam negeri negara lain, sekecil apapun negara itu. Pemerintah Australia memang memiliki kewajiban melindungi setiap warganya di luar negeri. Tetapi tentu dalam koridor yang pantas dan sesuai hukum di negara bersangkutan.

Bagi Indonesia, Narkoba adalah extra ordinary crime dan sangat pantas jika pelakunya dijerat dengan hukuman mati! Toh pemerintah Indonesia tidak semena-mena dan tetap memberikan kesempatan Andrew Chan dan Myuran Sukumaran melakukan pembelaan sampai ke tingkat paling tinggi. Lalu di mana salahnya?

Yang salah adalah jika pemerintah Australia menutup mata tentang dampak luar biasa yang diakibatkan narkoba terhadap kehidupan rakyat Indonesia. Narkoba di Indonesia telah menjadi musuh bersama yang harus diberantas karena mengakibatkan jutaan penduduk Indonesia mati dan kehilangan masa depan mereka!

Jika Pemerintah dan Publik Australia menganggap bahwa hukuman mati terpidana narkoba Andrew Chan dan Myuran Sukumaran adalah sebuah kesalahan, maka sangat pantas jika Pemerintah dan Publik Indonesia menganggap mereka adalah pembela yang tidak dewasa. Membela terpidana yang jelas-jelas telah melakukan kejahatan luar biasa adalah tindakan kekanak-kanakan.

Indonesia tidak perlu takut dengan ancaman boikot dari pemerintah atau warga Australia. Indonesia bukan negara kemarin sore yang mudah diancam dan dipaksa tunduk. Indonesia punya kedaulatan hukum yang harus dijunjung tinggi demi melindungan warga negaranya. Ancaman Australia dan respon Indonesia yang akan tetap menghukum mati Andrew Chan dan Myuran Sukumaran justru menjadi hal yang positif. Ini dapat memberikan sinyal yang kuat bagi pelaku narkoba agar jangan main-main dengan hukum di Indonesia!

Maju terus, pantang mundur!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: