jump to navigation

Manfaat Berlipat Berkebun di Pekarangan Rumah March 14, 2015

Posted by snhadi in Senyuman Cinta.
Tags: ,
trackback

20150310_073728Di samping rumah yang saya tempati bersama isteri dan anak tercinta, terdapat sedikit lahan kosong. Begitu pula di bagian depan dan belakang rumah. Saya berpikir sayang kalau dibiarkan dan tidak dimanfaatkan. Kemudian saya berembuk dengan isteri. Akhirnya kami memutuskan, untuk bagian depan rumah akan kami buat taman yang akan dihiasi rumput dan tanaman berbunga. Untuk tanah kosong di bagian belakang, akan kami manfaatkan untuk menanam tanaman obat, sementara tanah bagian samping akan kami tanami beberapa pohon buah dan sayur.

Dengan sedikit pengetahuan menanam, tepat 21 Desember 2014 saya mulai menyemai cabai dan tomat, diikuti pada 25 Desember 2014 saya menanam kangkung dan bayam, selain juga menanam pisang dan mangga di lahan samping rumah. Sementara di bagian belakang rumah, saya tanami lengkuas dan di bagian depan rumah ditanami rumput gajah mini dan melati jakarta.

Sebenarnya saya sudah lama tidak melakukan kegiatan berkebun (menanam), walaupun sebenarnya senang melakukannya. Nah untungnya sekarang ada beberapa tanah kosong yang bisa saya gunakan untuk menyalurkan hobi kecil saya, berkebun. Pokoknya ketika menanam harapan saya hanya supaya tanamannya bisa tumbuh dengan baik, syukur-syukur bisa menghasilkan sesuatu yang bisa saya dan keluarga nikmati.

Alhamdulillah harapan saya terkabul, meski dengan konsep, “Natural Farming” alias tanpa menggunakan zat kimia sintetik, ternyata pohon-pohon tersebut dapat tumbuh dengan baik. Hingga saat ini saya sudah memanen kangkung sebanyak tiga kali dan bayam dua kali (cukup untuk dibuat tumis sebagai teman makan nasi hehehe). Untuk cabe dari belasan bibit yang berhasil tumbuh dari hasil penyemaian, semuanya menampakkan hasil menggembirakan (alhamdulillah kalau mau buat sambal tinggal petik, hehehe). Begitu pula untuk tomat, buahnya sudah terlihat menggantung indah di pohon, siap segera dipetik setiap saat. Alhamdulillah.

20150310_073801

Beberapa orang saya bertamu ke rumah merasa sayang jika tanah hook di samping rumah kami hanya ditanami pohon sayur dan buah. Katanya lebih baik dibangun kamar lagi untuk dikontrakkan atau ruko untuk disewakan. Tetapi untuk sementara saya tetap pada pendirian semula, memanfaatkan tanah tersebut untuk kegiatan menanam, yang menurut saya bisa mengurangi stres, mensuplai oksigen bagi lingkungan rumah, dan mendatangkan hasil untuk dinikmati bersama keluarga tercinta. Apalagi Rasul Muhammad SAW, sang panutan pernah bersabda, “Tak ada seorang muslim yang menanam pohon atau menanam tanaman, lalu burung memakannya atau manusia atau hewan, kecuali ia akan mendapatkan sedekah karenanya” (HR Bukhori).

20150206_082248

Jadi, menanam pohon (berkebun) tidak hanya sekedar hobi tetapi mendatangkan keuntungan berlipat berganda. Tertarik?

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

